Social Network

SPAN PTKIN

PENDAHULUAN

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN.

JADWAL PENDAFTARAN & SELEKSI

Untuk mengetahui jadwal SPAN PTKIN, silakan klik di sini

KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN

Ketentuan Umum

  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
  2. Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing.

Persyaratan Siswa Pendaftar

1) Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah kelas terakhir pada tahun 2021.
2) Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
3) Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.
4) Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Siswa mendaftar melalui laman https://siswa.span-ptkin.ac.id dengan menggunakan username dan password yang diterima dari sekolah masing-masing
  2. Setelah login, mengisi biodata dan mengunggah foto diri
  3. Memilih PTKIN dan Program Studi yang diinginkan.
  4. Melakukan finalisasi data, pastikan semua biodata sudah di isi dengan benar, dan Program Studi yang dipilih sudah sesuai dengan yang diinginkan.
  5. Siswa melakukan cetak kartu peserta.
  6. Klik di sini untuk mengunduh panduan pendaftaran

PROGRAM STUDI PILIHAN

JURUSAN
TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN
DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM
JURUSAN
SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
Prodi Pendidikan Agama Islam Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Prodi Hukum Ekonomi Syariah
(Muamalah)
Prodi Pendidikan Bahasa Arab Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Prodi Perbankan Syariah
Prodi Manajemen Pendidikan Islam Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Prodi Hukum Pidana Islam
(Jinayah)
Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Prodi Hukum Tatanegara Islam
(Siyasah Syar'iyyah)
Prodi Tadris Bahasa Inggris
*Klik pada nama untuk melihat profil prodi*

Untuk mengetahui akreditasi masing-masing Program Studi, dapat dilihat di https://staindirundeng.ac.id/akreditasi

UANG KULIAH TUNGGAL

Untuk mengetahui apa itu Uang Kuliah Tunggal (UKT), dapat membaca penjelasannya di sini

INFORMASI & NARA HUBUNG

Penjelasan dan Informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Tahun 2020 dapat menghubungi Panitia Lokal SPAN-UM PTKIN / Panitia Penerimaan Mahasiwa Baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh setiap hari kerja Senin s.d Jumat Pukul 09.00 s.d 17.00 WIB.

Alamat : Kampus STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Jl. Lingkar Kampus Alue Penyareung, Gampong Gunong Kleng, Meureubo, Aceh Barat

Sekretariat Panitia PMB : Jl. SM Raja, No. 99, Gampa, Meulaboh - Aceh Barat