Melalui P3M, STAIN Meulaboh lepas 169 Mahasiswa KPM ke Aceh Selatan

Humas, STAIN Meulaboh – Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melepas 169 mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ke Aceh Selatan yang akan ditempatkan di sejumlah desa yang berada di Kecamatan Meukek dan Sawang. Sabtu 24 Februari 2024.

Pelepasan tersebut dilakukan di halaman kampus gedung Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. H. Syamsuar, M.Ag yang turut dihadiri juga Kepala P3M, Jovial Pally Taran sekaligus segenap Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dr. H. Syamsuar, M.Ag menyampaikan, sebagai mahasiswa yang mempunyai dua fungsi yaitu fungsi akademik dan fungsi sosial.

Ia melanjutkan, bahwa KPM ini bagian dari fungsi sosial mahasiswa untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan atau yang disebut dalam Islam adalah amal shaleh.

“Mudah-mudahan kegiatan KPM ini bermanfaat dan berjalan dengan baik untuk masyarakat dengan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di desa tempat KPM,” harap Dr. Syamsuar.

Adapun PJ Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.TP melalui Wakil Asisten 1, Kamarsyah, S.Sos menyampaikan, atas nama pemerintah kami ucapkan selamat datang di Aceh Selatan. KPM ini merupakan bentuk pendidikan yang akan memberikan pengalaman belajar dengan hidup langsung berdampingan dengan masyarakat di luar kampus.

Kamarsyah menginginkan dengan adanya mahasiswa KPM dari STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh ini diharapkan mampu mengidentifikasi dan menandatangani permasalahan berbagai persoalan pembangunan yang dihadapi masyarakat.

“Berikan kesan yang baik dengan menjaga almamater kalian selama berada di lokasi KPM dan jaga kehormatan diri dan institusi dengan menghindari hal-hal tercela,” pesan Kamarsyah.

Seluruh mahasiswa KPM STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh tersebut disambut baik oleh jajaran pemerintah Kabupaten Aceh Selatan di halaman kantor Kecamatan Meukek yang turut juga dihadiri oleh Camat Meukek dan Sawang sekaligus segenap keuchik di masing-masing desa yang akan ditempati oleh mahasiswa KPM nantinya.[]

Leave a comment