Jurusan Tarbiyah STAIN Meulaboh Bekali Mahasiswa PPL dan PLP II

HUMAS, STAIN Meulaboh – Jurusan Tarbiyah dan Keguruan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh kembali bekali 77 mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II yang akan berlangsung selama tiga bulan kedepan, sejak tanggal 5 September hingga 5 Desember 2023.

Pembekalan yang berlangsung pada Kamis, 31 Agustus 2023 di Aula gedung kampus Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam itu dibuka langsung oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. H. Syamsuar, M.Ag serta turut dihadiri Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Erizar, M.Ed dan Wakil Ketua Bidang AUPK, Suharman, M.Si.

Sekretaris Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Junias Zulfahmi, M.Pd menyebutkan, nantinya mahasiswa yang melaksanakan PPL dan PPL II ini akan ditempatkan di 18 Sekolah Madrasah Ibtidaiyah maupun Madrasah Aliyah yang berada di Kabupaten Aceh Barat.

“pelaksanaan PPL dan PLP II ini berjalan 3 bulan dan memiliki bobot nilai yang sangat tinggi, jadi kepada mahasiswa diharapkan agar selalu menjaga tata tertib dan perilaku baik maupun pakaian serta nama baik kampus selama kegiatan,” lanjutnya Junias.

Ia juga mengingatkan, selalu menjalin komunikasi antara sesama mahasiswa PPL, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Guru Pamong dan para siswa di sekolah.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. H. Syamsuar, M.Ag menyebutkan, anak-anak kami yang akan melaksanakan PPL dan PLP ini merupakan calon pendidik generasi yang akan datang. Oleh sebab itu, berikan contoh yang baik terhadap siswa/i yang berada di sekolah.

“Dikarenakan ini menyangkut generasi masa depan, jadi banyak sekali hal-hal yang harus diwaspadai yang mana terkadang itu semua bermula dari diri sendiri, seperti narkotika, pergaulan bebas, dan lain sebagainya. Maka dari itu peserta PPL juga harus menyikapi terhadap surat edaran dari Bupati maupun Gubernur untuk selalu lakukan penerapan syariat Islam di Aceh,” terang Dr. H. Syamsuar.

Ia melanjutkan, kita semua merupakan selaku perpanjangan tangan dari pemerintah pusat maupun daerah, maka dari itu anak-anak kami diharuskan untuk melaksanakan surat edaran tersebut dengan baik nantinya ketika berada dilapangan.

Adapun pada pembekalan yang berlangsung yang bertidak sebagai narasumber merupakan sejumlah Dosen dari Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, yaitu Dr, H, M. Arif Idris, MA. Dr. Bakhtiar, M.Pd, Suharman, M.Si, Rahmat Saputra, MA., serta dihadiri juga oleh Kaprodi dan Sekprodi pada masing-masing prodi di Jurusan tersebut.[]

Leave a comment