KIP Aceh Barat Sosialisasi Pemilu di STAIN

TIPD STAIN, Meulaboh – Untuk mendorong minat dan kesadaran kalangan muda untuk berpartisipasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak April mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh melakukan sosialisasi Pemilu bertajuk KIP Goes To Campus. Di Aula Kampus setempat, Kamis, 14 Februari 2019.

Kegiatan yang dihadiri 70 mahasiswa dan pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) tersebut dibuka oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Erizar, M.Ed. Hadir sebagai pemateri Komisioner KIP Aceh Barat Saiful Asra, M.Soc.Sc dan Kepala Sub Bagian Teknis Pemilu Andi Sayumitra, S.Sos.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama Dr. Erizar, M.Ed dalam sambutannya menyampaikan mahasiswa sebagai kaum intelektual harus mampu menjadi bagian dalam menyukseskan pemilu serentak pada 17 april mendatang.

Erizar berpendapat bahwa mahasiswa sebagai agent Of Change harus mampu memberi contoh untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu

Lebih lanjut Erizar menambahkan selain di tuntut untuk menjadi pemilih yang cerdas, mahasiswa juga harus mengkampanyekan untuk menghindari Money Politic yang kerap menggunakan uang sebagai iming-iming politik. Juga mengkampanyekan untuk menjauhi Golput (istilah tidak memilih dalam pemilu-red)

“Mahasiswa harus menjadi Role Model negarawan ditengah-tengah masyarakat” Tegasnya.

Saiful Asra, M. Soc.Sc dalam materinya mengatakan mahasiswa harus mampu menunjukkan sikap yang baik pada pemilu,

“Mahasiswa merupakan kaum yang dianggap cerdas, maka harus mempunyai tanggung jawab moral yang baik dalam menentukan pilihan” Jelasnya

Saiful yang juga merupakan pakar Ilmu Administrasi Negara Universitas Teuku Umar (UTU) berpesan agar mahasiswa menjadi pemilih yang baik yang mampu memberikan pemahaman yang baik tentang pemilu kepada masyarakat.

Lebih lanjut Saiful menyampaikan untuk mensukseskan Pemilu, agar para mahasiswa
menghindari berita HOAX yang dapat memecah belah kehidupan sosial bermasyarakat.

“Beda pilihan itu biasa, tapi tetap jalin kekerabatan dengan orang di lingkungan sekitar kita. serta hindari setiap kecurangan pada pemilu.” pungkasnya

Sementara itu Kasubbag Teknis Pemilu Andi Sayumitra S.Sos dalam materinya memberikan pencerahan kepada mahasiswa terkait jenis-jenis pemilih yang ada di Indonesia.
Andi menjelaskan ada Empat tipikal pemilih yang nantinya diprediksi akan ada dihari pemilihan andi menjelaskan Pemilih yang pertama yakni Pemilih Tradisional.

“Pemilih tradisional adalah pemilih yang tidak mengerti tentang politik akan tetapi tinggkat partisipasinya sangat tinggi dan ini banyak ditemui di perdesaan.”Jelas Andi

Kemudian yang kedua Andi menjelaskan tipikal pemilh fragmatis pemilih seperti ini, ungkap Andi adalah tipikal pemilih yang mengedepankan keuntungan pribadi atas imbal balik dari hasil mencoblos salah satu pasangan calon.

“Artinya pemilih ini memilih Karna diberikan sejumlah uang dan barang lainnya.” Sambungnya.

Andi melanjutkan yang Ketiga Yakni pemilih Kritis, yaitu adalah pemilih yang cerdas yang mengerti tentang politik dan cenderung kritis dalam menentukan pilihan dengan melihat visi misi calon.

Selanjutnya pemilih Keempat lanjut Andi, adalah pemilih skeptis pemilih ini merupakan tipikal pemilih yang lebih kritis serta tidak mau peduli pada politik.

“Mereka cenderung melakukan Golput, cenderung yang semacam ini berada di perkotaan.”Ungkap Andi

“Itulah tugas Mahasiswa untuk terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu April mendatang tentunya dengan azaz pemilu dilakukan secara mandiri, jujur, adil, kepastian hukum,tertip penyelenggara, kepentingan umum.” Tambahnya

Selanjutnya Andi menjelaskan total partai yang akan bertarung dalam pemilu serentak 17 April nanti, wilayah Aceh akan di ikuti oleh 20 partai 16 partai nasional serta 4 partai lokal. di Aceh Barat sendiri total partai yg mengajukan calegnya hanya 18 partai sedangkan 2 partai lainnya tidak mengajukan satu calonpun.[]

Leave a comment