Profil Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
Nama Program Studi | Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir |
Kode Program Studi PDDikti |
76231 |
Tanggal Berdiri | 5 Januari 2017 |
SK Penyelenggaraan | Kep Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 108 Tahun 2017 Tanggal 5 Januari 2017 |
prodi.iat@staindirundeng.ac.id |
|
Website | https://staindirundeng.ac.id/iat |
Sejarah Singkat Program Studi |
Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh resmi berdiri berdasarkan ijin penyelenggaraan, yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 108 Tahun 2017 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pada Program Sarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Teungku Dirundeng Meulaboh pada tanggal 05 Januari 2017 sebagai program studi kegamaan dilembaga pendidikan tinggi agama Islam dalam lingkungan Kementerian Agama RI, guna menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat berbasis pada nilai-nilai keislaman. Secara geografis, menegaskan nilai strategis program studi Ilmu Alquran dan Tafsir ditengah beragamnya program studi keagamaan lainnya di Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta (PTKIS) lainnya yang berada di tengah bagian Barat-Selatan provinsi Aceh, terutama menyangkut banyaknya pesantren-pesantren modern dan tradisional untuk mempelajari Alquran. Realita yang demikian mengilhami munculnya gagasan pendirian Proggram Studi Ilmu Alquran dan Tafsir di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. |
Visi Program Studi |
. Pada tahun 2030 menjadi prodi terkemuka dalam studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dengan wawasan multidisiplin demi mewujudkan masyarakat madani. . |
. | |
Penjelasan Visi |
Terkemuka : 1. Program Studi Ilmu Alquran dan tafsir menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas dalam penguasaan ilmu Alquran dan Tafsir, berdaya saing di tingkat nasional. 2. Mampu dalam menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan berkaitan dengan Alquran 3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Multi Disiplin : 1. Memiliki pengetahuan terhadap ilmu logika demi mencapai pemikiran yang logis, kritis, dan inovatif 2. Memiliki pengetahuan terhadap ilmu social dan budaya demi pemecahan dinamika dalam masyarakat. 3. Memiliki pengetahuan terhadap teknologi dan pengembangan pengetahuan demi kemajuan Al-Quran dan Tafsir |
|
Masyarakat Madani : 1. Bersikap berlandaskan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan, bercirikan ummah wahidah, ummah wasathah, dan khairu ummah 2. Demokratis dalam bersikap dan berpendapat, serta toleran dan menghargai pendapat lainnya. 3. Menghargai kemajemukan dalam kehidupan bernegara dan beragama 4. Bersikap adil dan taat hokum dalam kehidupan bernegara |
|
. | |
Misi Program Studi |
. 1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang ilmu Al Qur’an dan Tafsir dengan kritis-analitis yang aktual-kontekstual berbasis akhlak quran. 2. Mengembangkan tradisi penelitian dalam stusi ilmu al-Qur’an dan tafsir yang integrative dan bermanfaat bagi dunia akademik dan masyarakat 3. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk memecahkan masalah sosial keagamaan dan perwujudan masyarakat madani dengan pendekatan Al-Qur’an 4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir pada level lokal, dan nasional . |
Tujuan Program Studi |
. 1. Lahirnya sarjana yang profesional yang mampu menganalisa dan mengintegrasikan ilmu al-Quran dalam kehidupan masyarakat, serta berakhlak Qurani. 2. Menghasilkan peneliti yang professional dan solutif dalam penyelesaian masalah keagaamaan berdasarkan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan diri kepada masyarakat demi “membumikan al-Quran” di tengah kehidupan modern 4. Terjalinnya kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir di tingkat lokal maupun nasional . |
Road Map |
. 1. Program studi yang memiliki infrastruktur dan Sumber daya Manusia dalam rangka mewujudkan prodi terkemuka dalam studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dengan wawasan multidisiplin demi mewujudkan masyarakat madani (2017-2020) 2. Program studi yang menghasilkan lulusan dengan penguasaan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (2021-2025) 3. Program studi yang menghasilkan lulusan sarjana AlQur’an dengan wawasan multidisiplin demi mewujudkan masyarakat madani. 4. Program studi yang terkemuka dalam menghasilkan sarjana Alquran yang memiliki wawasan multidisiplin demi mewujudkan masyarakat madani (2025-2030) . |
Prospek Lulusan |
. 1. Mufassir Muda 2. Akademisi Bidang Al Quran dan Tafsir 3. Peneliti Al-Quran dan Tafsir . |
Prospek Karier |
. 1. Penerjemah Al-Quran 2. Praktisi bidang tashhih Al-Qur’an 3. Dosen/Guru dalam bidang Ilmu Al-Qur'an/Tafsir 4. Tenaga administrasi di lembaga-lembaga keagamaan 5. Muballigh/da’i. . |
Sasaran, Strategi, dan indikator
No | Sasaran Program Studi | Strategi | Indikator |
1 | 1. Pengelolaan pembelajaran dan pendidikan. | Mengembangkan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu, | 1. Ketersedian Dosen berdasarkan kualifikasi program studi |
2. Rapat koordinasi evaluasi belajar mengajar setiap akhir semester | |||
3. Implementasi kebijakan tata kelola | |||
4. Implementasi SPMI | |||
5. Monev dan tindak lanjut secara | |||
Pembaharuan kurikulum setiap lima tahun sesuai dengan perkembangan keilmuan | Review kurikulum tahunan | ||
Monitoring Pembelajaran | Dosen mengajar sesuai RPS | ||
2. 80% mahasiswa lulusan mampu menyelesaikan masa studi selama 8 semester dengan IPK di atas 3,5. | Implementasi Strategi belajar Efektif | 1. Memiliki panduan strategi belajar efektif | |
2. Jumlah mahasiswa yang mengikuti sosialisasi strategi belajar efektif | |||
Mentoring untuk pengikatan efektifitas belajar | Jumlah matakuliah utama perlu dilengkapi dengan mentoring | ||
Pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu | Jumlah mahasiswa yang memerlukan beasiswa menerima beasiswa | ||
Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung efektifitas pembelajaran | Tersedianya sarana dan prasarana perkuliahan yang memadai | ||
Bimbingan penulisan skripsi yang terjadwal dan Updating SOP dan pedoman tugas akhir mahasiswa | 1. Jumlah mahasiswa bimbingn untuk setiap dosen Buku kendali bimbingan | ||
2. Jadwal bimbingan tugas akhir persemester | |||
3. Proses monitoring dan evaluasi tugas akhir | |||
3. Peningkatan kemampuan mahasiswa | Meningkatkan prestasi mahasiswa dibidang akademik dan non akademik | Jumlah mahasiswa yang berhasil mengikuti lomba karya tulis ilmiah, publikasi karya ilmiah populer, Mahasiswa berprestasi, lomba MTQ, lomba MQK, baik dalam tingkat regional maupun nasional. | |
Terselenggaranya pembinaan kompetensi keilmuan mahasiswa | Jumlah keikutsertaan mahasiswa dalam rutinitas. | ||
Durusi penyelenggaraan pembinaan kompetensi | |||
2 | 1. Penelitian dan Publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa | Intensifikasi kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa. | 1. Persentase jumlah penelitian dosen dan/atau mahasiswa |
2. Persentase dosen mengikuti konferensi nasional dan internasional | |||
Melakukan pendampingan penulisan dan publikasi jurnal | 1. Persentase dosen mengikuti workshop publikasi jurnal | ||
2. Jumlah publikasi dosen pada jurnal terakreditasi | |||
Memiliki jurnal terakreditasi | Jumlah jurnal terakreditasi | ||
Insentif penelitian | 1. Persentase dosen mendapat insentif penelitian | ||
2. Jumlah publikasi nasional penelitian yang dihasilkan pertahun | |||
3. Jumlah publikasi internasional penelitian yang dihasilkan pertahun | |||
2. Terbitnya buku ajar hasil karya ilmiah dosen | Pelatihan penyusunan buku ajar | Jumlah dosen mengikuti pelatihan penyusunan buku ajar | |
Memberikan insentif penerbitan buku ajar | 1. Persentase dosen mendapat insentif buku ajar | ||
2. Jumlah buku ajar yang dihasilkan | |||
Menyelenggarakan kegiatan promosi buku ajar untuk meningkatkan kuantitas penyebaran buku dan promosi kepakaran dosen bersangkutan | Jumlah kegiatan promosi buku ajar pertahun | ||
3 | PKM Mahasiswa dan Dosen | PKM mahasiswa dan dosen Prodi IAT |
Jumlah PKM mahasiswa dan dosen |
Penulisan proposal PKM | Jumlah proposal PKM yang dihasilkan | ||
4 | 1. kerjasama dengan perguruan tinggi mitra | Kerjasama kemitraan | 1. Jumlah pertukaran tenaga dosen |
2. Jumlah Mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar | |||
3. Jumlah dosen yang diundang oleh universitas mitra | |||
4. Jumlah mahasiswa yang diterima sebagai tempat lanjut studi | |||
2. Kerjasama dengan instansi terkait | Kerjasama kemitraan | 1. Jumlah mahasiswa/dosen sebagai penerima beasiswa | |
2. Jumlah bantuan saran dan prasaran yang diterima |
Daftar Dosen Tetap Program Studi : Link