Social Network

Visi Misi dan Tujuan Prodi Muamalah (HES)

Visi :

Menjadi Pusat Pengkajian dan pengembangan hukum ekonomi syariah berbasis turats dan fiqh kontemporer serta melahirkan sumber daya professional dalam mengintegrasikan ilmu ekonomi syariah dalam kehidupan multi cultural dalam menghadapi era disrupsi.

Misi :

  1. Mendidik SDM yang handal dalam hukum ekonomi syariah dengan memperhatikan ekonomi kekinian;
  2. Mengembangkan keilmuan hukum ekonomi syariah melalui penelitian yang berlandaskan al qur’an, asunnah dan ijtihad demi kepentingan akademik dan masyarakat;
  3. Meningkatkan peran dalam masyarakat melalui hukum ekonomi syariah serta kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait;

Profil Lulusan:

Profil utama lulusan Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah adalah sebagai praktisi hukum Islam atau Calon Hakim Agama yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas umum sebagai praktisi hukum Islam atau Calon Hakim Agama dan tugas khusus sebagai praktisi hukum bisnis syari’ah sesuai dengan kode etik keilmuan dan keahlian. Lulusan Prodi Hukum Ekonomi Syariah terutama dipersiapkan untuk menjadi:

  1. Tenaga ahli pada dewan syariah dan dewan pengawas syariah (DPS) pada lembaga keuangan syariah seperti Takaful (Asuransi Syariah), pasar modal syariah, pegadaian syariah, badal amil zakat dan lembaga amil zakat dll.
  2. Hakim di Pengadilan Agama.
  3. Panitera di Pengadilan Agama.
  4. Advokat atau Pengacara Syariah
  5. Arbiter Badan Arbitrase Syari’ah Nasional (BASYARNAS).
  6. Tenaga Ahli penyuluh masyarakat di bidang penerapan syariah di departemen agama.
  7. Enterpreneur syariah.