Mahasiswa KPM STAIN Meulaboh Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

HUMAS, STAIN Meulaboh – Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh tahun 2024 menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela Negara di kawasan Agrowisata Geureudong, Gampong Kuta Padang yang turut dihadiri oleh 35 peserta terdiri dari aparatur desa dan tokoh masyarakat sekitar. Selas, 05 Maret 2024.

Desa tersebut merupakan desa binaan Kodim 0105 sebagai Gampong Pancasila dalam realisasi salah satu program yang dilakukan oleh mahasiswa yang di ketuai oleh Muhammad Munir, dalam menyelesaikan kegiatan KPM.

Safrizal, Keuchik Gampong Kuta Padang menyambut baik kegiatan tersebut. Ia juga berterimakasih kepada mahasiswa KPM yang berinisiatif mengadakan acara itu.

“Kami sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan yang dibuat oleh adik-adik mahasiswa KPM STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Semoga pengabdian selama 40 hari kedepan dapat dimanfaatkan untuk saling bersinergi memajukan gampong”, ungkapnya.

Jovial Pally Taran, M.Ag, selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) dalam sambutannya mengatakan, mahasiswa di desa binaan Kodim 0105 cukup aktif komunikasi dengan pihaknya. Program yang pada hari ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan kesadaran bela negara.

Zulfriansyah, pemateri sekaligus mahasiswa KPM, yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Persahabatan Aceh Jepang, menyampaikan bahwa wilayah Aceh Barat sangat berpotensi besar untuk berkembang pesat.

“Terlebih kita yang memiliki tiga kampus, atau daerah pendidikan harusnya memiliki peluang untuk maju lebih besar. Mahasiswa maju dibidang teknologi, sementara di gampong kita maju di bidang pengalaman. Sehingga sinergitas antara pengalaman dan teknologi, menjadi momen yang baik untuk kemajuan,” ujar Zulfriansyah.

Ia pun mendorong pemuda, khususnya di Gampong Kuta Padang untuk terus optimis dan berkontribusi untuk kegiatan bela negara.

Pada sesi selanjutnya, Hendra Saputra, anggota Kodim yang juga merupakan mahasiswa KPM, dalam pemaparannya menekankan tentang pentingnya untuk melakukan kegiatan bela negara, agar Indonesia tetap terjaga keutuhannya dan terlindungi dari segala bentuk ancaman. Selain itu, penguatan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara bertujuan untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Sementara itu. Dosen pembimbing lapangan, Faizatul Husna, MA mengatakan, para mahasiswa KPM telah merancang berbagai kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat di Gampong Kuta Padang, termasuk kegiatan pada hari ini.

“Kami harap semoga mahasiswa bisa bersosialisasi dan memahami isu yang ada di masyarakat saat ini. Dengan demikian, program yang dijalankan dapat memberi kontribusi secara langsung bagi masyarakat, khususnya di Gampong Kuta Padang sebagai gampong Pancasila.” Tutup Faizatul Husna.[]

HUMAS,
STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
-Muliadi
-Oka Rahmadiyah

Tags

Leave a comment