Mahasiswa STAIN Meulaboh Dibekali Ilmu Jurnalistik.

HUMAS, STAIN Meulaboh – Puluhan mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh mengikuti seminar jurnalistik yang dilaksanakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di Point Kupi, Kuta Padang. Aceh Barat. Jumat, 24 November 2023 dengan tema ‘manajemen media massa dan tantangan pers kampus’.

Seminar jurnalistik ini menghadirkan narasumber, Fachrul Rizha, M.I.Kom selaku Ketua Program Studi (prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Takengon, yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam di STAIN Meulaboh pada tahun 2009-2013 lalu.

Ketua LPM, Haris Munawar mengatakan, seminar ini bertujuan untuk memberi pemahaman bagi pengurus LPM baru yang telah dilantik kemarin, agar mereka tahu tentang manajemen dan tantangan seorang pers dalam menghadapi peliputan berita saat turun kelapangan nantinya.

“Dengan berbagai rintangan, seorang pers itu harus memiliki mental yang kuat dan cerdas dalam melihat isu-isu kabar yang ingin diberitakan,” tambah Haris.

Haris juga berpesan dan berharap, semoga kegiatan seperti ini dapat terus diadakan untuk masa-masa LPM mendatang dan ilmu yang telah diberikan oleh narasumber pada seminar kali ini dapat bermanfaat serta diimplementasikan ketika berada di lapangan.

Pada paparan seminarnya, Fachrul Rizha menyampaikan, tujuan pers mahasiswa yaitu tempat mendidik mahasiswa untuk memahami dunia jurnalistik, sarana peningkatan pengetahuan dan kepekaan mahasiswa terhadap berbagai fenomena yang terjadi dan wadah menciptakan idealisme mahasiswa yang lebih baik.

Ia juga menjelaskan, tentang motivasi bahwa mengembangkan minat, bakat, hobi jurnalistik dan organisasi, wadah bagi mahasiswa untuk bersosialisasi dan menjadikan pers mahasiswa sebagai alat politik untuk memperjuangkan nilai yang diyakini.

“Kita seorang pers hanya perlu untuk menulis, meskipun itu hal kecil maupun isu yang sedikit penting namun bukan berarti tidak penting. Pokoknya intinya menulis,” tutur Fachrul.

Fachrul mengingatkan, seorang pers harus jeli dalam melihat, mendengar ataupun mencium bau-bau isu yang terjadi. Maka mulailah dengan menulis meskipun itu dari hal yang terkecil.

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Irsan Arianda, MA yang juga turut hadir mengatakan, bahwasannya Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) ini di bentuk bukan untuk di kalangan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) saja, melainkan LPM ini juga dibuka untuk umum yaitu mahasiswa dari prodi lain yang ingin ikut berkecimpung untuk melibatkan diri agar bisa menumbuhkan bakat minat dan bergabung menjadi bagian anggota dari LPM kampus STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.[]

Kontributir: Nadia (LPM)

Leave a comment