STAIN Meulaboh Gelar Konferensi Internasional The 4th DICIS

HUMAS STAIN Meulaboh – STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh kembali menyelenggarakan The 4th Dirundeng International Conference on Islamic Studies 2023 (The 4th DICIS 2023).

Acara yang dilaksanakan pada 26-27 September 2023 melalui via luring dan daring dibuka secara resmi oleh H. Saiful Rahmat Dasuki, S.IP., M.Si Wakil Menteri Agama RI.

Ketua panitia, Nur Rohman, M.Pd mengatakan, kegiatan DICIS ini merupakan kegiatan ke-4 yang dilaksanakan oleh kampus STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, kali ini tema yang diangkat adalah Local Wisdom and Fiqh Civilization in The Contemporary Era.

Ia juga menyampaikan DICIS tahun ini turut hadir Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi,  MA., Ph.D Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI. Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan berbagai pakar dunia seperti Prof. Dr. Mohammed Shareef Alsawaf Bilad da Elcham University, Syria Jurisprudence and Changing Times. Prof. Dr. Asma Ghalib el Qorasyi, Prof. Dr. Rubaidi, M. Ag dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Selain itu juga hadir Prof. Eka Srimulyani, Ph.D dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Dr. Ahmad Yunus Mohd Noor dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Dr. Eman Ali Saleh Zemam dari Oumdurman University, Sudan. KH. Dr. Husein Muhammad, pengasuh pondok Pesantren Dar al-Fikr Cirebon. Dr. Ali M. Abdillah, MA dari Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Dr. Rasyidah, M. Ag dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Prof. Kristy Hess, Ph.D, Deakin University, Australia. Hidayatil Muslimah, Ph.D dan Dr. Husamuddin, Lc., MA dari STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

“Kegiatan ini sebagai bentuk konsistensi dan komitmen STAIN Meulaboh sebagai bentuk kontribusi dalam melahirkan dan mengembangkan khasanah pengetahuan, pada DICIS ke-4 ini mengupas 12 sub tema yang mewakili setiap bidang keilmuan (pendidikan, ekonomi, hukum, komunikasi, fiqih),” terangnya Nur Rohman.

Ia melanjutkan, Alhamdulillah pada DICIS tahun ini banyak antusias para peneliti dari berbagai keilmuan yang mengirimkan paper hasil penelitian untuk dipresentasikan pada konferensi, setidaknya terdapat 86 paper yang masuk dalam perhelatan diskusi ilmiah bertajuk The 4th DICIS STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.[]

Leave a comment