Prodi PMI STAIN Meulaboh Bekali Kompetensi Praktik Makro

HUMAS, STAIN Meulaboh – Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh mengadakan pembekalan Praktik Makro bagi mahasiswa/i yang akan melaksanakan praktek lapangan di masyarakat selama dua bulan mendatang. Rabu, 20 September 2023.

Nantinya mahasiswa/i PMI ini akan menjalankan praktek pengalaman lapangan di 6 Gampong yang berada di Kabupaten Aceh Barat, jelas Jon Paisal selaku Ketua Prodi PMI dalam sambutannya.

Ia melanjutkan, adapun beberapa Gampong tersebut diantaranya Gampong Lapang, Ujong Tanjong, Peunaga Rayeuk, Gunung Kleng, Pasi Masjid dan Blang Beurandang.

“Kita berharap agar mahasiswa Prodi PMI selalu menunjukkan eksistensinya di tengah-tengah masyarakat serta dapat memberikan kontribusi khususnya dalam memberikan Pemahaman nilai-nilai keislaman dalam kehidupan,” imbuhnya jon Paisal.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. H. Syamsuar, M.Ag dalam sambutannya menyatakan, perlunya meningkatkan kualitas dan keimanan dengan mengutip ayat wayubassirul mukminin.

Acara yang dihadiri oleh narasumber lintas bidang tersebut mengambil tema ‘Peran Perguruan Tinggi dan Prodi PMI dalam Pemberdayaan Masyarakat Gampong.

Dimana pada kesempatan ini yang menjadi narasumber pertama adalah Dr. Akmal Saputra, MA dengan judul Prodi PMI sebagai Agen Perubahan dan Pemberdayaan Masyarakat Gampong.

Kedua, Bapak Tarfin, S.E,. Kepala Dinas DPMG Aceh Barat dengan Judul Program, Tugas Pokok, Peran dan Fungsi DPMG Dalam Pemberdayaan Masyarakat Gampong di Aceh Barat. Selanjutnya yang terakhir ada Narasumber dari Keuchik Gampong Pasi Mesjid dengan Judul Mengenal Gampong Pasi Mesjid, Potensi, dan Sosial Budaya Masyarakat.

Pembekalan yang berlangsung di Aula gedung Jurusan Syariah tersebut dihadiri seluruh mahasiswa/i semester 7 Prodi PMI yang nantinya akan melaksanakan prektik makro.[]

Leave a comment