Ketua RMB STAIN Meulaboh Menjadi Narasumber di Seminar Balai Syura Ureung Inong Aceh Barat

HUMAS, STAIN Meulaboh – Dr. Anton Jamal, MA selaku Ketua Rumoh Moderasi Beragama (RMB) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menjadi salah satu narasumber pada seminar Balai Syura Ureung Inong Aceh Barat, di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat. Jumat, 1 Agustus 2023.

Seminar yang bertema ‘Peran Perempuan Aceh dan Organisasi Perempuan Pasca MOU Perdamaian Helsinki’ tersebut dihadiri ratusan peserta dari perwakilan pemerintah, perguruan tinggi, dayah dan organisasi masyarakat.

Kegiatan yang digagas oleh Balai Syura Ureung Inong dan Forum Ulama Perempuan Aceh Barat tersebut bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana keikutsertaan perempuan serta peran organisasi perempuan di Aceh selama ini dari masa ke masa.

Dr. Anton Jamal, MA dalam pemaparannya menjelaskan, mengenai peran perempuan dalam Islam dan bagaimana Islam mengangkat derajat perempuan. Menurutnya Al Qur’an tidak membatasi secara khusus peran perempuan di ranah publik, dalam konteks muamalah pun Islam mengatur prinsip pergaulan laki-laki dan perempuan; sama-sama menjaga kehormatan, saling menghargai, dan tolong menolong serta mendahulukan kepentingan umum.

Ia melanjutkan, sejarah juga membuktikan peran besar perempuan di ruang publik seperti Siti Aisyah, Malahayati, Cut Nyak Dien dan lain-lain. Jikapun ada pembatasan terhadap ruang gerak perempuan, itu hanya untuk tujuan prepreventif dalam rangka melindungi mereka.

Ketua STAIN Meulaboh, Dr. H. Syamsuar, M.Ag dalam kesempatan terpisah menyatakan, dukungan terhadap kegiatan tersebut. Terlebih beberapa dosen perempuan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dilantik menjadi pengurus inti dalam organisasi yang menjaga marwah Inong Aceh.

“Ini penting selain sebagai implementasi tridharma perguruan tinggi juga untuk meneruskan misi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dalam meluaskan ajaran Islam sebagai rahmatan lil alamin,” terang Dr. H. Syamsuar.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pelantikan dewan pengurus Balai Syura Ureung Inong Aceh Barat periode 2023-2028.[]

Leave a comment