Ketua STAIN Meulaboh Hadiri Curah Pendapat Masyarakat Kawasan Barat Selatan Aceh di UTU

HUMAS, STAIN Meulaboh – Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. H. Syamsuar, M.Ag menghadiri acara kegiatan Curah Pendapat Masyarakat Kawasan Barat-Selatan (Barsela) Aceh di Auditorium Gedung Kuliah Terintegrasi U2C Universitas Teuku Umar UTU pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut turut dihadiri juga tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai elemen di wilayah Barat Selatan Aceh seperti Dr. T. Ahmad Dadek, SH., M.Hum (Kepala Bappeda Aceh), Bulman Satar, S.Sos (Antropolog penggagas Ensiklopedi Kebudayaan Aceh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh), dr. Hanif (Kepala Dinas Kesehatan Aceh) dan Dr. Asbaruddin STP MM MEng (Plh. Kepala Dinas Pendidikan Aceh) dan para unsur birokrasi, kepala daerah, praktisi kampus, pimpinan dayah, anggota legislatif, ekonom, praktisi pariwisata dan budaya, pengusaha, seniman, insan pers, LSM dan lain-lain.

Kegiatan yang berlangsung dipandu oleh akademisi Universitas Syiah Kuala Saifuddin Bantasyam dan Jurnalis Yarmen Dinamika yang juga berperan sebagai tim fasilitator dan perumus rekomendasi.

Dalam hal ini, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. H. Syamsuar, M.Ag mengatakan, kegiatan seperti ini sangat positif untuk kemajuan wilayah Barat Selatan Aceh. Kami sangat mendukung dengan terlaksananya kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada pihak UTU yang telah menggagas kegiatan ini untuk mempersatukan pemikiran dan curah pendapat tentang permasalahan-permasalahan di wilayah Barat Selatan Aceh yang nantinya semua permasalahan bisa memberikan rekomendasi kepada pihak Gubernur Aceh dan menemukan solusi,” terang Dr. Syamsuar

Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si dalam sambutan pembukaan mengucapkan, terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas kehadiran para tokoh Barsela memenuhi undangan dari UTU sebagai tuan rumah kegiatan. Ini satu langkah yang baik, kesempatan bagi kita untuk duduk bersama, mencurahkan pendapat dan pemikiran untuk mencari solusi terbaik atas sejumlah permasalahan yang timbul dalam masyarakat Aceh yang mendiami kawasan  Barsela.

Selain itu ia juga menyampaikan Barat Selatan Aceh merupakan kawasan yang memiliki potensi yang cukup baik untuk pemenuhan kesejahteraan rakyat yang terdiri dari sektor perikanan, pertanian, peternakan, dan perkebunan. Selain itu, sepanjang 2-3 tahun terakhir geliat investasi swasta melalui sektor industri pertambangan dan pariwisata terus mengalami peningkatan.

“Hanya saja, masyarakat di kawasan Barsela masih memiliki tantangan untuk hidup sejahtera. Diantara tantangan tersebut adalah ekonomi, kemiskinan, mutu pendidikan, kesehatan, lingkungan, pariwisata dan pembangunan kawasan,” Tutupnya.[]

Leave a comment