STAIN Meulaboh Berangkatkan Mahasiswa KKN Melayu

Humas, STAIN Meulaboh – STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melalui Pusat penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) berangkatkan tiga mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun Angkatan IV Tahun 2023 selama 45 hari sejak 18 Juli sampai 31 Agustus 2023 di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Selasa 18 Juli 2023

Kegiatan tersebut dilepas secara resmi oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. H. Syamsuar, M.Ag di Aula Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam.

Dr. Syamsuar, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, bahwasanya KKN Melayu Serumpun merupakan Agenda Tahunan berskala Nasional yang melibatkan PTKIN pada Kementrian Agama Republik Indonesia pada wilayah Pulau Sumatera.

kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat tali persaudaraan dan nilai-nilai budaya yang terdapat pada lintas ras Rumpun Melayu dalam bentuk Pengabdian kepada masyarakat.

Ia menambahkan, mahasiswa KKN Melayu Serumpun harus mampu bersinergi dengan masyarakat selama kegiatan ini berlangsung, terlebih lagi mahasiswa harus mampu menyesuaikan adat istiadat dan kearifan lokal disana.

Dr. H. Syamsuar berharap, kalian harus mampu menjaga nama baik bangsa Aceh, almamater kampus dan keluarga.

Sementara itu, Ketua P3M, Jovial Pally Taran sekaligus sebagai Dosen Pendamping menjelaskan, sebelum mahasiswa diberangkatkan mereka sudah diberi pembekalan untuk persiapan terlebih dahulu agar mahasiswa berada siap menjalani kegiatan ini.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap civitas akademika, termasuk mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya.

Melalui pengabdian kepada masyarakat, setiap mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatkan dalam perkuliahan sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap masyarakat, baik dalam sisi pelayanan maupun pemberdayaan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 1093 Mahasiswa yang terbagi atas 62 Kelompok yang tersebar pada masing-masing Desa Di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

“Dalam Hal ini STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab konstribusi sebagai PTKIN,” lanjut Jovial

Ia menambahkan, diharapkan mahasiswa KKN dari STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dapat menunjukkan prestasi dalam menunjang poin Akreditasi kedepan. Kedua, selain prestasi yang diharapkan selama kegiatan dapat mengikuti kegiatan sesuai aturan yang ada.

Adapun mahasiswa yang berangkat yaitu Raudhatul Maghfirah Prodi PBA, Khairul Miswar Mahasiswa Prodi PMI, dan Al- Mukharramatuddin mahasiswa Prodi PSY.[]

Leave a comment