HIMA-KPI dan ADC 2023 Lakukan Roadshow di STAIN Meulaboh

Humas, STAIN Meulaboh – Himpunan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (HIMA-KPI) dan Aceh Documentary Competition (ADC) menggelar roadshow di Aceh Barat. Roadshow ini berlangsung di aula lantai 3 gedung jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh pada Senin, 10 Juli 2023.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. ADC Roadshow 2023 bertujuan untuk menjaring calon sineas muda dari kalangan anak muda Aceh, khususnya dari kalangan mahasiswa.

“Pada roadshow ini kami memperkenalkan karya-karya anak muda Aceh yang tembus di ADC dan mencari generasi penerus setiap tahunnya,” tutur Azhari, kepala departemen pendidikan ADC.

Menurutnya, dokumenter adalah salah satu cara kreatif memvisualisasikan dokukemen untuk dilihat oleh orang lain.

Sementara itu, Ulfa Khairina dalam sambutannya selaku sekretaris prodi KPI mengungkapkan bahwa ADC merupakan bagian dari kegiatan positif mahasiswa dalam mempersiapkan masa depan dengan berkompetisi.

“Berkompetisi bagian dari percaya diri, menambah daftar pengalaman yang dicantum dalam CV, membangun koneksi, dan melatih sportivitas,” ungkapnya.

Program studi KPI merespon baik penjaringan sineas muda melalui kompetisi yang berlangsung. Saat ini sebanyak 12 orang alumni ADC yang merupakan alumni prodi KPI STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Roadshow juga dilakukan dengan pemutaran film karya alumni.

Film pertama berjudul Naseb Pejuang karya Siti Aisyah dan Hasrina Febrianti berkisah tentang nasib mantan kombatan saat ini. Sedangkan film kedua berjudul Seugupai Harapan karya Muhammad Noza dan Revina Rahayu yang berkisah tentang anak bibir sumbing yang mendapat perlakuan diskriminasi di dalam masyarakat.

Roadshow diikuti dengan coaching dan diskusi ide yang sudah dimiliki mahasiswa. Roadshow ini juga diharapkan menjadi solusi dalam tiap masalah dari hasil dokumenter.

“Semoga dengan karya sederhana dokumenter bisa menjadi solusi dari masalah kehidupan sehari-hari,” harap Nabila Rusadi, salah satu peserta dari Roadshow ADC 2023.[]

Kontributor: (Ulfa Kh)

Leave a comment