Mahasiswi STAIN Meulaboh Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Duta Wisata

Meulaboh – Dua mahasiswi STAIN Meulaboh meraih prestasi di kancah nasional. Dua mahasisa tersebut adalah Isra Risky Amanda dan Mauliana Putri Masuk finalis lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam bidang ilmu sosial dengan judul karyanya ‘Integrasi Moderasi Beragama dan Budaya Dalam Adat Peusijuk Di Aceh dan Pemahaman Generasi Z’. Sabtu, 3 Juni 2023.

Isra dan Mauliana adalah mahasiswi semester 2 dan 6 dari prodi Pendidikan Tadris Bahasa Inggris berhasil menjadi finalis ke 3 dari 19 tim PTKIN yang mengikuti kompetisi.

Kegiatan yang dilaksanakan di kampus UIN Sultan Thaha Saifuddin provinsi Jambi, Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) – III Se Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam se Asia Tenggara.

Pembina Mahasiswa itu yang merupakan Dosen di STAIN Meulaboh, Rena Juliana dan Faizatul Husna mengatakan Mahasiswa menyelesaikan karya tulis mereka dibantu pembina dalam kurung waktu yg sangat singkat. Kami bahkan mengirimkan file karya tulis ke panitia di detik terakhir batas pengiriman. Proses penulisan karya ilmiah ini sangat singkat kurang dari seminggu, tapi Alhamdulillah berkat semangat yang tinggi mahasiswa kita berhasil submit karya tulisnya tanggal 22 mei 2023 dengan tingkat similariti turnitin sebesar 19%.

Kami sangat bersyukur karena mahasiswa kita menjadi finalis dan berhak mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah di hadapan para dewan juri. Tambahnya.

Dengan adanya kegiatan lomba ini, mahasiswa secara tidak langsung mempelajari tehnik penulisan yang baik dan juga tentang tata cara kutipan untuk menghindari plagiarisme. Hal ini dibuktikan dengan hasil turnitin dibawah 20% seperti salah satu syarat yg diperlombakan.

Andi Syahputra, Ph.D selaku Waket 3 bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengatakan STAIN Meulaboh sangat bangga dengan capaian mahasiswi kita karena hasil perjuangan ini masih butuh doa dan dukungan kita semua sampai mereka menjadi juara. Insha Allah, semoga karya mereka nanti dapat menggali nilai moderasi beragama yang bersumber dari warisan budaya hingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, harapnya.

Ia juga menambahkan saat ini mahasiswi kita Sari Apriyani yang juga prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga menjadi top 7 finalis Inong Pada Duta Wisata Aceh Barat 2023. Kita berharap akan semakin banyak mahasiswa-mahasiswi kita yang meraih prestasi di tingkat daerah, nasional maupun internasional.[]

Leave a comment