Mahasiswi STAIN Meulaboh Raih Juara 3 Duta Wisata Aceh Barat

Humas, STAIN Meulaboh – Sari Apriyani, mahasiswi semester enam program studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh terpilih sebagai juara 3 dalam pemilihan Agam Inong Duta Wisata Aceh Barat tahun 2023. Namanya diumumkan pada malam penobatan yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Juni 2023 di Aula Dinas Pendidikan Aceh Barat.

Malam itu, dengan mengenakan pakaian khas Aceh, ia mendorong promosi budaya dan pariwisata Aceh Barat. “Educate, initiate and promote,” ajaknya dengan suara lantang.Sebelum malam penobatan, seluruh finalis telah melalui masa karantina terhitung sejak 12 Juni lalu. Dalam periode tersebut, Sari bersama finalis lainnya mendapat pembekalan materi dari para pakar.

“Di karantina kan kami terus dikasih pemateri yang hebat. Pernah dapat coffee class. Nah, sebelumnya kalau minum kopi yaudah karna pingin aja. Dikelas itu jadi tau kalo kopi dari Aceh adalah kopi kelas satu dunia dan sudah di patenkan,” tuturnya senang.

Selain itu, mereka juga dibekali pengetahuan tentang pariwisata dan budaya di Aceh oleh dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Disamping pembekalan, mereka juga mengikuti serangkaian tes saat karantina berlangsung, mulai dari tes tulis hingga deep interview.

“Sari berusaha semaksimal mungkin, I did my best dan nggak peduli hasilnya apa, yang penting prosesnya,” ucapnya.

Meski begitu, ia sama sekali tak menyangka akan mendapat posisi ketiga, mengingat persaingannya sangat kompetitif. Bahkan di awal-awal ia sempat pesimis.

“Awal-awal Sari minder, ada yang dari bahasa Inggris Unsyiah dan UIN, sedangkan sari cuma sendiri mahasiswa STAIN. Tapi sari bisa buktikan kalau semua orang itu bisa dan punya kesempatan menang kalau betul-betul berusaha,” ujarnya tersenyum.[]

Leave a comment