Ketua STAIN Meulaboh Hadiri Rapat PMB Jalur SPAN PTKIN

HUMAS, STAIN Meulaboh – Dr. H. Syamsuar, M.Ag, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menghadiri acara pertemuan rapat tentang penyamaan persepsi penskoran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) selama tiga hari mulai 13-15 Maret 2023 bersama Direktur Jenderal Pendis serta jajaran pimpinan PTKIN di DoubleTree by Hilton Surabaya Jl. Tunjungan No. 12. Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Selasa, 14 Maret 2023

Dapat diketahui bahwa tahun ini pendaftar calon mahasiswa melalui jalur SPAN di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh pada pilihan I dan II mencapai 1.358 pendaftar dan sedangkan kuota yang telah ditetapkan berjumlah 228 untuk calon mahasiswa baru.

Dr. Syamsuar mengatakan, Alhamdulillah pada tahun ini peminat generasi untuk melanjutkan pendidikan di PTKIN STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh telah meningkat.

“Kita berharap nantinya kepada calon mahasiswa untuk dapat mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya dan dengan adanya rapat ini PTKIN STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dan lainnya semakin berkembang dan unggul” simpul Syamsuar

Adapun yang menjadi peringkat pertama yang paling diminati oleh calon mahasiswa pada jalur ini ialah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan total ada 31.931 calon mahasiswa.

Selanjutnya disusul peringkat kedua adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan 29.467 pendaftar. Pada urutan berikutnya ada UIN Sunan Gunung Djati Bandung (28.960), UIN Walisongo Semarang (19.418), dan UIN Imam Bonjol Padang (18.714). 

Pada kesempatan itu Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Al Makin, menyambut baik pencapaian ini. Dia mengucapkan terima kasih atas kontribusi semua pihak dalam memajukan kualitas pendidikan di UIN Sunan Kalijaga. Menurutnya, keberhasilan meraih posisi pertama pada SPAN PTKIN tahun 2023 ini tak terlepas dari upaya UIN Sunan Kalijaga dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan berbagai program yang menarik minat calon mahasiswa.

Ia melanjutkan, dengan pencapaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat bagi seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk terus mengembangkan potensi dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat.[]

Leave a comment