STAIN Meulaboh Sediakan 225 Beasiswa KIP Kuliah

HUMAS, STAIN Meulaboh – Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang dimiliki masyarakat Barat-Selatan Aceh, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menyediakan 225 Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi calon mahasiswa baru di tahun 2023.

Beasiswa ini setiap tahunnya ada di STAIN Teungku Dirundeng meulaboh melalui semua jalur masuk calon mahasiswa, nantinya dengan adanya KIP Kuliah ini akan terus berupaya dalam meningkatkan layanan pendidikan kepada masyarakat secara lebih luas dan merata.

Dalam hal ini, Dr. Inayatillah, M.Ag Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menerangkan, KIP Kuliah tersebut adalah bantuan sosial berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk membiayai pendidikan.

Ia melanjutkan, Oleh karenanya, untuk meringankan beban masyarakat, tahun 2023 ini STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh meningkatkan penyediaan beasiswa menjadi 225 Beasiswa KIP Kuliah bagi calon mahasiswa baru yang pada tahun sebelumnya hanya 125.

Adapun beberapa keunggulan KIP Kuliah adalah jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi, terbagi dalam 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.

Inayatillah berharap, semoga dengan adanya KIP Kuliah ini calon mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan meskipun dengan keterbatasan tertentu. Dimana saat ini telah ada PTKIN yang secara kualitas tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya di luar daerah.

Ditambah lagi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh sejak tahun 2021 memperoleh Akreditasi “BAIK SEKALI” dari BAN-PT. Hal ini menunjukkan, meski masih berstatus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, namun mutu pendidikan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh sebanding dengan perguruan tinggi lainnya yang lebih besar, pungkasnya.[]

Leave a comment