Prodi PGMI STAIN Meulaboh Laksanakan Workshop Kajian Kurikulum MBKM

STAIN Meulaboh – Program Studi (prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melaksanakan kegiatan pengembangan kajian kurikulum berbasis program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebagaimana program tersebut telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Di aula kampus setempat. Kamis, 1 Desember 2022

Program ini merupakan salah satu program pengembangan kurikulum yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja.

Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka diharapkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Adapun beberapa kelebihan yang bisa dirasakan oleh mahasiswayang sedang belajar di Kampus merdeka yaitu. Pertama, Mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama. Kedua, Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda. Ketiga, Mahasiswa juga bisa mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda. Keempat, pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Kegiatan Pengembangan Kurikulum Program Studi Berbasis MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan bagian dari agenda Prodi PGMI STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas Prodi dari segala sisi. Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu 29 Oktober 2022 di Aula Kampus STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Adapun narasumber yang menjadi reviewer draf kurikulum yang telah disusun oleh Prodi PGMI STAIN TDM adalah Rita Sari, M. Pd dari IAIN Langsa dan Dr. Andi Prastowo, S. Pd. I., M. Pd dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan Pengembangan Kurikulum Prodi berbasis MBKM ini menjadi program utama FTIK dalam mengembangkan kurikulum yang lebih baik lagi. kegiatan workshop pengembangan kurikulum berbasis MBKM ini diikuti dari berbagai kalangan diantaranya, para dosen, Tendik, mahasiswa, alumni, dinas pendidikan dan pengguna alumni.

Hanifuddin jamin, M. Pd sebagai ketua Prodi PGMI STAIN TDM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya prodi dalam menguprgare sistem yang selama ini digunakan. Layaknya software kurikumum juga perlu dibenahi guna menghasilkan lulusan yang tepat sasaran. Maka dari itu harapannya kegiatan ini dapat menjadikan prodi PGMI menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Jika berbicara hasil Output dari adanya kegiatan ini nantinya adalah diharapkan dari program studi akan menghasilkan sebuah produk berupa dokumen kurikulum yang siap untuk diterapkan secara bersama-sama. Harapan Koordinator Prodi PGMI juga melalui pengembangan kurikulum MBKM ini adalah semoga kurikulum prodi PGMI bisa lebih baik lagi dan bisa diterapkan menerapkan secara optimal serta bisa menghasilkan lulusan atau output yang siap berkompetisi dan mampu bersaing dengan lulusan program studi PGMI lainnya.[]

Leave a comment