STAIN Meulaboh Jalin MoU dengan Instansi Strategis Pemerintah

HUMAS, STAIN Meulaboh – Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh menandatangani nota kesepakatan kerjasama bersama Kementerian Agama Kota Subulussalam, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Kabupaten Aceh Barat dan Program Keluarga Harapan Kabupaten Nagan Raya, Kamis, 31 Maret 2022

Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh itu merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas Pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag mengatakan, kerjasama ini merupakan salah satu kolaborasi yang strategis dalam mengembangkan mutu pendidikan di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang berada di pantai Barat-Selatan Aceh.

Selain itu kita berharap dukungan terhadap proses perubahan bentuk STAIN menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang saat ini sedang dalam proses administrasi di Kementerian Agama Pusat,” terang Inayatillah.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam, H. Juniazi, S.Ag., M.Pd menyampaikan, menyambut baik langkah kerjasama ini sehingga dengan saling kerjasama bisa meningkatkan kinerja di masing-masing instansi.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini, STAIN Meulaboh dapat menyediakan kuota khusus bagi Alumni Madrasah Aliyah lingkup Kota Subulussalam untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Termasuk pengembangan SDM guru dan ASN Kemenag Subulussalam,” ujar Juniazi.

Juniazi berharap dengan adanya payung MOU dapat melahirkan MOA, kerjasama yang konkret lagi diantara kedua belah pihak.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Aceh Barat, Darmi, S.Pd.I., MA dan Pimpinan Program Keluarga Harapan (PKH) Kabipaten Nagan Raya, Fathurrahman, S.Pd.I. Dimana sinergi dan kolaborasi ini sangat diperlukan demi kemajuan pendidikan maupun pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri.

Selain penandatangan MoU yang dilaksanakn di Aula kampus setempat, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag juga menerima SK Dewan Pembina PGRI Aceh Barat yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PGRI Aceh Barat, Darmi, S.Pd.I., MA.[]

Leave a comment