STAIN Meulaboh Launching PMB di Tiga Jalur Seleksi

HUMAS, STAIN Meulaboh – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh kembali dibuka. Tahun ini, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melaksanakan launching dan sosialisasi PMB kepada Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) sederajat yang berada di Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya dan Nagan Raya melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Jalur Mandiri. Kamis, 17 Februari 2022 

Launching PMB tersebut dilaksanakan di Aula kampus setempat dan dibuka oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag serta diikuti oleh perwakilan Kepala Sekolah dan Operator Sekolah.

Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, Mukhsinuddin, MM menyampaikan, kegiatan ini dilakukan guna memberi informasi dan pemahaman kepada sekolah tentang PMB terutama melalui jalur SPAN dimana jalur tersebut harus ada partisipasi sekolah dalam mendaftarkan siswanya ke perguruan tinggi melalui laman resmi SPAN-PTKIN

“Jalur SPAN ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan di PTKIN, dikarenakan jalur ini tidak dikenakan biaya pendaftaran dan seleksi tulis melainkan akan dilihat melalui nilai rapor masing-masing siswa,” ujar Mukhsinuddin yang juga sebagai Ketua Pelaksana PMB.

Dalam pertemuan launching ini, sambung Mukhsinuddin, kami dari pihak kampus STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh juga siap memberi penjelasan kepada sekolah terutama mengenai sistem seleksi SPAN-PTKIN agar paham dalam proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) serta dapat mengarahkan siswa untuk pendaftaran dan pemilihan program studi yang diminati.

Disamping itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini nantinya ramai calon mahasiswa yang memilih mendaftar dan menggapai mimpi-mimpinya dengan melanjutkan pendidikan di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Inayatillah melanjutkan, ada beberapa keuntungan nantinya calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, diantaranya biaya kuliah yang relatif terjangkau dan rendah, beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta tenaga pengajar yang kompeten dalam bidangnya yang merupakan lulusan dalam atau luar negeri.

“Semua impian dan harapan ini hendaklah kita bangun bersama-sama agar anak-anak dapat memilih untuk melanjutkan pendidikan di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh demi mewujudkan mimpi-mimpinya dimasa akan datang,” terang Inayatillah

Ia berharap, mari bersama kita mendukung, membangun dan memajukan perguruan tinggi khusunya STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang berada di wilayah Barat-Selatan Aceh ini.

Pada acara launching tersebut juga dilakukan sesi pelatihan kepemimpinan manajerial kepada perwakilan Kepala Sekolah/Madrasah dan operator sekolah yang dipandu oleh Dr. H. Herman, MA., Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan dengan materi kepemimpinan Kepala Madrasah/Sekolah.

Selanjutnya, materi kepemimpinan, mutu dan daya saing pendidikan disampaikan oleh Dr. Bakhtiar, M.Pd yang merupakan Dosen program studi Manajemen Pendidikan Islam dan dilanjutkan dengan materi tentang transformasi dan literasi digital disampaikan langsung oleh ahlinya, Hijrah, M.Kom yang merupakan Dosen Ilmu Komputer STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Sesi akhir dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta dan pemateri sekaligus pemberian penghargaan sertifikat kepada peserta perwakilan Kepala Sekolah/Madrasah yang berhadir.[]

Leave a comment