Social Network

Melalui P2M STAIN Meulaboh Rekrut dan Latih Auditor Mutu Internal

Melalui P2M STAIN Meulaboh Rekrut dan Latih Auditor Mutu Internal

HUMAS, STAIN Meulaboh - Pusat Penjaminan Mutu (P2M)) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku  Dirundeng Meulaboh mengadakan rekrutmen dan pelatihan auditor mutu internal, di Aula kampus setempat. Jumat, 5 November 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang 5 diantaranya berasal dari kampus Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Meulaboh dan 15 peserta lainnya berasal dari perwakilan masing-masing prodi yang ada di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 1 sampai 2 November 2021 tersebut menghadirkan pemateri dari LP3M Universitas Syiah Kuala, yaitu Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc.

Ketua Panitia Pelaksana, Amrizal Hamsa, MA mengatakan, adapun tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk menyiapkan peserta pelatihan Audit Mutu Internal agar dapat menjadi auditor internal yang berkualitas dan terampil mengawal SPMI pada unit kerja/prodi masing-masing.

Ia juga menegaskan bahwa dalam kegiatan Rekrutmen Auditor ini juga akan dilakukan praktik audit visitasi pada 4 prodi yang berada pada lingkup STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Prodi Hukum Tata Negara (HTN) serta Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, jelasnya Amrizal yang juga sebagai Kepala Pusat Penjaminan Mutu (P2M) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Amrizal melanjutkan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menambah pemahaman tentang syarat, tugas serta peran seorang auditor agar dapat membuat perencanaan dan pelaksanaan tentang Audit Mutu Internal (AMI).

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya proses penyegaran mengenai SPMI agar dapat menciptakan serta mengembangkan peningkatan budaya mutu bagi kampus, terutama pada program studi. Selain itu, wajib mengacu dan menginternalisasi peraturan perundangan yang relevan.

Ia menegaskan, bagi setiap masing-masing  unit kerja di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh haruslah memiliki dan menyertakan dokumen yang lengkap, supaya nantinya ketika dipertanyakan oleh tim audit maka telah ada bukti berupa dokumen yang telah disiapkan.

Inayatillah berharap, dengan diadakan pelatihan ini agar dapat melahirkan satu standar isi dokumen yang lengkap serta bagi peserta auditor nantinya dapat diterjunkan dalam proses audit kinerja pada unit-unit kerja yang ada di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.[]

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001