Social Network

Mahasiswa STAIN Meulaboh Kembali Juara UTU Award

Mahasiswa STAIN Meulaboh Kembali Juara UTU Award

Meulaboh - Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, kembali meraih juara pada pergelaran UTU Award ke-7 tahun 2021.

Pada malam penganugerahan UTU Award ke-7 yang dilaksanakan di Universitas Teuku Umar, Sabtu, 13 November 2021, Mariani dan M. Sidiq meraih juara 2 kategori desain toko online.

Keduanya merupakan mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Mariani mengaku senang, setelah proposal ide mereka dengan judul ‘Tanidigital.online’ masuk sebagai salah satu nominator UTU Award ke-7.

“Alhamdulillah, akhirnya mendapat juara 2, walau sebenarnya kami menargetkan juara 1. Terima kasih kepada pimpinan kampus, para mentor dan pembimbing, keluarga besar Basajan, serta semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada kami,” ujar Duta Baca Aceh Barat itu.

Mariani menyampaikan, Tanidigital.online yang ia rancang bersama M. Sidiq merupakan platform digital untuk membantu para petani di Barat Selatan Aceh dalam memasarkan hasil pertanian.

Menurut Mariani, selama ini kendala utama yang dihadapi para petani adalah sulitnya mendapatkan pasar dan menentukan harga terhadap produk-produk yang mereka hasilkan. Sehingga kehidupan petani masih jarang yang sejahtera.

“Padahal pertanian salah satu sektor penting untuk keberlangsungan dan ketahanan pangan, terutama selama pandemi COVID-19 melanda,” paparnya.

Mariani menuturkan, ini merupakan kali kelima keikutsertaan mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh pada ajang kompetisi mahasiswa tingkat internasional itu.

“Selama keikutsertaan UTU Award, mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh selalu lolos sebagai nominator pada kategori desain toko online dan meraih juara,” ujarnya bangga.

Pada tahun 2019, di ajang yang sama, Mariani juga meraih juara 2 desain toko online. Kemudian pada tahun 2017, Muhammad Noza dan Rici Satria meraih juara 3 dan 4. Sementara tahun 2016, Nurul Fahmi berhasil meraih juara 1 desain toko online.

Ajang Menjaring Ide Kreatif

UTU Award merupakan event tahunan yang diselenggarakan Universitas Teuku Umar (UTU), untuk menjaring ide-ide kreatif dan karya inovatif dari generasi muda Indonesia dan dunia.

UTU Award sebelumnya merupakan event tingkat nasional, namun dalam dua tahun terakhir telah menjadi ajang internasional.

Rektor UTU, Jasman J Ma’ruf mengatakan, dengan adanya event-event besar seperti UTU Award, diharapkan ke depan, generasi muda Indonesia akan mampu bersaing untuk melahirkan ide-ide kreatif dan karya-karya inovatif dalam memajukan sektor agro dan marine industri dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada.

“Selamat kepada para juara, terus berkarya untuk kemajuan bangsa. Bagi yang belum beruntung, tetap semangat dan jangan menyerah,” ujar Jasman dalam sambutannya sebelum penyerahan hadiah.

Adapun total hadiah UTU Award tahun ini, sebesar Rp229,5 juta, dengan empat kategori lomba, yaitu riset kewirausahaan, perencanaan bisnis, produk inovatif berbasis agro dan marine, serta desain toko online.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah menyampaikan selamat dan merasa bangga atas capaian prestasi mahasiswa tersebut, yang mampu bersaing dengan kampus-kampus terkemuka dari seluruh Indonesia dan dunia.

Terlebih, lanjut Inayatillah, selama penyelenggaraan UTU Award, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh satu-satu kampus keagamaan yang ikut berpartisipasi di event tersebut.

“Alhamdulillah, ini satu prestasi membanggakan bagi kampus. Semoga menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berkompetisi di berbagai event,” ujarnya.[]

 

Repost: basajan.net/

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001