Tahun ini, STAIN Meulaboh Kembali Laksanakan PBAK Online

HUMAS, STAIN Meulaboh – Sebanyak 189 Mahasiswa Baru (Maba) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh tahun akademik 2021/2022 mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) secara dalam jaringan (daring/online), diakibatkan belum berakhirnya sutuasi pandemi Covid-19. Kamis, 2 September 2021

Dari jumlah tersebut diantaranya terdiri dari 12 Program Studi (prodi) yang ada di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari berturut, mulai tanggal 1 sampai 2 September 2021 dan akan dilaksanakan secara daring demi mencegah penyebaran virus corona.

Sambutan pada PBAK STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh tahun ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. M. Ali Ramdhani, S, TP, MT.

Sementara itu salah satu narasumber dari prusahaan PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza menyempaikan, suksesnya mahasiswa itu adalah mereka yang mampu berprestasi secara akademik dan organisasi.

“Kita juga mendukung segala kegiatan pengembangan mutu pendidikan yang berada di kawasan Barat-Selatan Aceh dengan memberikan bentuk beasiswa Bakti Mifa Untuk Aceh kepada mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi,” ungkap Azizon Nurza

Kasubdit Sarana, Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat PTKI Ditjen Pendis Kementerian Agama RI, Ruchman Basori, S.Ag, M.Ag dalam pemaparannya menjelaskan, mahasiswa itu harus memiliki jiwa perubahan apalagi dimasa pandemi covid-19 pada sekarang ini.

Ia menambahkan, pertama itu idealis mahasiswa harus terus diasah agar nantinya menjadi The Agent of Change, The Agent of Intelectual, and Agent of Development. Kedua mahasiswa diharuskan juga memiliki jiwa peran historis atau disebut dengan pejuang dan tokoh peruahan.

“Selanjutnya Laboratorium Leadership, kampus sebagai tempat laboraturium yang efektif untuk menjadikan diri yang kritis dan dapat melahirkan generasi-generasi yang nasionalis dan religious. Disamping itu reproduksi pemikiran dan gagasan juga mesti ditampilkan dalam kampus agar publik mempercayai bahwa kampus menjadi sumber otoritas keagamaan yang moderat.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan, selamat dan sukses pelaksanaan kegiatan PBAK STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh tahun akademik 2021/2021.

“Tentunya melalui PBAK tahun ini, kita tingkatkan semangat kreativitas dan inovasi mahasiswa di masa pandemi covid-19. Generasi muda memiliki peran dan kontribusi penting bagi keberlangsungan bangsa dan negara. Sebagai agent social of change dan harapan umat, tentunya generasi muda ini harus disiapkan dengan sebaik mungkin, terutama dari segi pengetahuan berbangsa, bernegara dan beragama,” terangnya.

Inayatillah menambahkan, Sehingga nantinya akan terbentuk generasi muda yang memiliki karakter kuat, inovatif, kreatif namun tetap menjaga nilai-nilai moral Islam. Menjadi generasi dengan pola pikir moderat, toleran, tidak gampang menyalahkan, bertanggungjawab dan memiliki empati yang tinggi terhadap sesama.

Ia juga berpesan, sebagai generasi muda hendaklah memiliki beberapa prinsip yang mesti dilakukan. Pertama, tetap menjaga sopan santun dan tingkah laku. Bertindak dengan bijaksana, tanpa menyakiti generasi yang lebih tua ataupun yang lebih muda darinya baik dengan perbuatan maupun sikap dan perkataan. Kedua, generasi muda dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi tanpa meninggalkan identitas keislaman.

Ketiga, generasi muda menjadi agen perubahan yang memberikan perubahan yang lebih baik pada setiap tatanan kehidupan, dan selanjutnya menjadi generasi muda yang aktif, kreatif dan inovatif, di tengah perubahan yang semakin cepat, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Generasi muda kreatif akan menjadi investasi penting bagi agama, bangsa dan negara, harap Inayatillah.[]

Leave a comment