Sambut Ramadhan, STAIN Meulaboh Salurkan Bantuan Sembako bagi Mahasiswa Terdampak Covid-19

Meulaboh- Penyebaran virus Covid-19 yang semakin massif, berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk perekonomian. Menyambut bulan suci Ramadhan, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh memberikan paket sembako kepada mahasiswa, security dan cleaning service yang berlangsung di halaman belakang kampus Gampa, Selasa, 21 April 2020. Paket sembako diserahkan langsung oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag.

“Semoga bantuan ini bermanfaat, apalagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, jangan dilihat dari jumlahnya, tapi semoga menjadi berkah,” ujar Inayatillah.

Mahasiswa yang mendapatkan bantuan sembako merupakan mahasiswa dari luar daerah, yang masih bertahan di Meulaboh karena mereka bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehari hari dan tambahan biaya kuliah. 

Pembagian sembako ini direncanakan akan dilakukan beberapa tahap. Pada tahap pertama ini, masih diutamakan internal kampus, tahap selanjutnya diharapkan dapat menjangkau masyarakat luas, terutama mereka yang berpenghasilan rendah. 

Selain itu, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh juga membagikan masker untuk mahasiswa dan masyarakat di sekitar kampus, sekaligus melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan kampus dan rumah-rumah warga sekitar. Hal tersebut sebagai bentuk pencegahan terhadap Covid-19, serta mendukung edaran dari pemerintah untuk menekan penyebaran virus ini. 

STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh juga membuka klinik konseling Covid-19 serta video edukasi untuk mencegah penyebaran informasi yang salah mengenai Virus Corona.

“Edukasi itu penting karena banyak beredar informasi yang meresahkan, sebagian informasi terlalu berlebihan, sebagian lagi terlalu menyepelakan, untuk itu diperlukan edukasi untuk menekan grafik jumlah penyebaran Covid-19 sehingga tidak menyulitkan para medis dalam bekerja,” ujar Inayatillah. 

Dalam kesempatan yang sama, Inayatillah mengingatkan para dosen dan seluruh civitas akademika STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh untuk mengindahkan edaran mengenai larangan mudik, hal tersebut sebagai dukungan dari pihak kampus untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dr. Erizar, MEd, selaku ketua gugus covid-19 STAIN TDM mengatakan,  melalui kegiatan ini juga diharapkan menggugah hati para dermawan dan keluarga besar STAIN TDM untuk membantu sesama sehingga dapat meringankan beban mereka yang terkena dampak pandemi Corona.

Turut hadir Wakil Ketua I, Dr. Herman, MA, Wakil Ketua II, Sy. Rohana, MA, Wakil Ketua III sekaligus Ketua Gugus Covid-19 STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Erizar, MEd, serta para dosen dan civitas akademika.[]

Leave a comment