Social Network

STAIN Meulaboh Kerjasama dengan Pegadaian Syariah

STAIN Meulaboh Kerjasama dengan Pegadaian Syariah

UPT-TIPD, STAIN Meulaboh- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh meneken kerjasama dengan Pegadaian Syariah Aceh, di aula kampus setempat, Senin 30 Desember 2019.
STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dan Pegadaian Syariah Aceh bersepakat melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Adapun naskah kerjasama masing-masing ditandatangani oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang diwakili Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Erizar, M.Ed. Sementara dari Pegadaian Syariah Aceh, diwakili oleh Wakil Kepala Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh, Abdul Jalil.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Erizar, M.Ed, menyampaikan terimakasih kepada Pegadaian Syariah atas kerjasama dan hubungan baik yang terjalin selama ini.

Ia mengatakan, dengan adanya kerjasama tersebut, baik STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, maupun Pegadaian Syariah, dapat sama-sama berpikrah dalam memajukan pendidikan di Aceh, tetutama di kawasan Barat Selatan.

"Selama ini, hubungan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dengan Pegadaian Syariah sudah terjalin melalui penempatan magang dan penelitian mahasiswa," ujar Inayatillah dalam sambutannya.

Namun ke depan, lanjutnya, hubungan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dengan Pegadaian Syariah dapat dikembangkan ke arah yang lebih luas. Mulai dari penelitian dosen dan mahasiswa, seminar dan kuliah umum tentang keuangan dan investasi, serta pengabdian kepada masyarakat secara bersama-sama.

Sementara itu, Wakil Kepala Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh, Abdul Jalil menyampaikan, pihaknya siap mendukung penuh setiap program pengembangan pendidikan yang akan dilakukan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, terutama terkit sistem keungan dan investasi syariah.

Menurutnya, pendidikan keuangan dan investasi harus diberikan sedini mungkin kepada generasi muda, agar mereka mampu mengelola dan merencanakan masa depan dengan baik.

"Terlebih di era teknologi hari ini, di mana segala kebutuhan semakin meningkat dan sangat mudah didapat," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak tiga tahun terakhir, Pegadaian Syariah telah menerapkan satu pola pendidikan keuangan dan investasi bagi generasi muda melalui program Pegadaian Goes to Campus.

"Investasi tidak semata-mata dengan dengan hal yang besar. Bisa dimulai dengan yang kecil-kecil, misal dari sisa uang jajan. Lama-lama, akan menjadi besar," terangnya.

Selain penandatangan kerjasama, kegiatan yang digagas Pojok Investasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh tersebut, juga diisi dengan kuliah umum investasi bagi milenial, yang disampaikan Marketing Eksekutif Pegadaian Syariah Meulaboh, Irwin Syah.

Pihak Pegadaian Syariah juga membagikan 300 buku tabungan emas gratis bagi mahasiswa dan dosen. Selama kuliah umum berlangsung, peserta yang aktif juga mendapatkan doorpize.

Penggagas Pojok Investasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Mellyan, M.Ag mengatakan, kehadiran Pojok Investasi sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas bagi mahasiswa tentang keuangan dan investasi.

"Gaya hidup yang serba instan generasi muda hari ini, salah satu alasan kuat hadirnya Pojok Investasi," ujar Mellyan.

Ia menyampaikan, awalnya Pojok Investasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh merupakan program aktualilasi dirinya sebagai dosen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kampus itu. Namun, melihat antusiame mahaiswa dalam mengikuti setiap kegiatan yang diadakan, ia bertekad untuk mengembangkan Pojok Investasi ke arah yang lebih serius.

"Impian saya ke depan, Pojok Investasi ini akan berubah menjadi Galeri Investasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh," yakinnya.[]

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001