STAIN Kenalkan Budaya Akademik Lewat PBAK

TIPD, STAIN Meulaboh – Untuk memeperkenalkan atmosfir akademik, serta tata kelola dan seluk beluk kampus, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh mengadakan kegiatan bertajuk Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) di kampus setempat Senin, 20 Agustus 2019. Kegiatan tersebut diikuti 310 calon mahasiswa baru.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama tiga hari tersebut, difokuskan pada pengenalan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), pengenalan sistem perpustakaan, dan berbagai organisasi kampus mulai pengelolaan kampus hingga kemahasiswaan.

“Agar nantinya mahasiswa paham dan mampu secara mandiri melakukan pengisian KRS, dan memanfaatkan berbagai sistem yang digunakan kampus,” ujar Zuliadi Miska selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan.

Miska yang juga sebagai Ka subbag Akademik dan Kemahasiswaan menjelaskan selain materi tentang tata kelola kampus, mahasiswa juga dibekali dengan materi wawasan kebangsaan. Hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air. serta menanamkan sikap idealism mahasiswa sebagai agen perubahan.

Materi wawasan kebangsaan diberikan Letkol Inf Adhe Hansen selaku Komandan Resor Militer (Danrem) 012 Teuku Umar. Juga nantinya akan hadir Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Barat AKBP H Raden Bobby Aria Perkasa, S.I.K yang akan memberikan materi mengenai penangkalan HOAX dan Radikalisme.

“Masing masing akan mengisi dihari pertama dan kedua, sedangkan dihari ketiga materi akan diisi UPT Perpustakaan,” jelas Miska.

Danrem 012/TU Letkol Inf Adhe Hansen dalam materinya menyampaikan kegiatan ini sangatlah baik dilakukan sebagai tradisi kampus, sebagai pendatang baru didunia akademisi mahasiswa dirasa perlu dibekali dengan pemahaman tentang kebangsaan. Adhe Hansen berharap kegiatan berlangsung aman sesuai dengan aturan-aturan dan norma-norma yang wajar.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng meulaboh Dr.Inayatillah, M. Ag mengarahkan agar mahasiswa baru dapat memanfaatkan ajang PBAK sebagai ajang unjuk kemampuan, Inayatillah juga mengarahakn para mahasiswa baru dapat menunjukkan minat dan bakatnya. Inayatillah juga mengucapkan selamat datang para mahasiswa baru, Ia berharap mahasiswa baru dapat menjadi pembeda dalam mewujudkan STAIN yang lebih baik.

“Semoga PBAK menjadi awal yang baik, tentunya menjadi motivasi bagi semua,” tandasnya.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Wakil Ketua Bidang AUK Sy. Rohana, MA, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Erizar, M.Ed, Kajur Syariah dan Ekonomi Islam Mukhsinuddin, MM, Para Kepala UPT, dan Para Kepala Pusat.

Liputan : Asha Amiella

 

Leave a comment