Social Network

UM PTKIN

Tentang UM PTKIN

UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Persyaratan

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA / MAK / Pesantren / SMA / SMK atau sederajat tahun 2017, 2018 dan 2019. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki Ijazah. Sedangkan lulusan tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah / Sekolah / Pesantren Muadalah dan dilengkapi dengan Pas foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap Madrasah / Sekolah / Pesantren Muadalah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter / Puskesmas sehingga tidak mengganggu kelancaran Proses Pembelajaran di PTKIN

Jadwal Pendaftaran

  1. Pembayaran Pendaftaran via Bank BNI : 2 - 29 April 2019
  2. Pendaftaran Ujian Tulis : 2 - 30 April 2019
  3. Pelaksanaan Ujian Tulis : 28 Mei 2019
  4. Pengumuman Hasil Ujian Tulis : 1 Juli 2019
  5. Pendaftaran Ulang : Masing-masing PTKIN.

Alur Pendaftaran

  1. Calon Peserta mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id sehingga mendapatkan SIP (Slip Instruksi Pembayaran) dan PIN
  2. Peserta melakukan pembayaran di seluruh Kantor Cabang Bank BNI di seluruh Indonesia, BNI Internet, ATM BNI, Keagenan BNI, atau Bank lain yang mendukung fitur ATM bersama (biaya administrasi ditanggung oleh calon peserta) dengan menunjukkan Nomor SIP.
  3. Peserta melanjutkan Pendaftaran Online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih lokasi Ujian dan Pilihan Program Studi hingga cetak Kartu Peserta.
  4. Peserta mengikuti Ujian di lokasi yang telah dipilih sesuai dengan jadwal yang tertera pada Kartu Peserta.

Pelaksanaan Seleksi

Seleksi UM PTKIN akan dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 28 Mei 2019. Waktu Seleksi sesuai dengan yang tertera pada Kartu Ujian masing-masing.

Sistem Seleksi Elektronik (SSE)

Peserta yang memilih menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE), Pelaksanaan Seleksi akan dilakukan di Laboratorium Komputer, Komplek Universitas Teuku Umar Meulaboh, jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Paper Based Test (PBT)

Peserta yang memilih menggunakan Paper Based Test (PBT), Pelaksanaan seleksi akan dilaksanakan di Kampus A STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Jl. Sisingamangaraja, No. 99, Gampa, Meulaboh, Aceh Barat.

Peserta diharapkan mengecek tempat pelaksanaan Ujian sehari sebelumnya (Senin 27 Mei 2019) mulai pukul 15.00 WIB

Pengumuman Kelulusan dan Pendaftaran Ulang

Kelulusan akan di umumkan tanggal 1 Juli 2019 pada laman www.um-ptkin.ac.id
Pendaftaran ulang bagi Peserta yang lulus, pada PTKIN masing-masing.