Social Network

308 Mahasiswa Ikut UM-PTKIN di STAIN

308 Mahasiswa Ikut UM-PTKIN di STAIN

TIPD STAIN Meulaboh - Sebanyak 308 calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Meulaboh mengikuti seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Selasa, 28 Mei 2019.

Ketua Panitia Lokal STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Drs. M Arif Idris, MA menjelaskan  UM-PTKIN ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama, dalam hal ini Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, merupakan salah satu jalur masuk PTKIN yang mencakup Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Arif menjelaskan materi yang diujikan dalam pelaksanaan UM-PTKIN antara lain Pontensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan, Keislaman, Ilmu Pengetahuan Alam untuk program studi bidang Sains dan Teknologi, Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Program Studi Bidang Sosial, Humaniora dan Keagamaan.

Semetara itu Penanggung Jawab Teknis Panitia Lokal STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Zulyadi Miska, S.Ag memaparkan ujian kali ini terbagi atas Dua jenis ujian, yakni ujian berbasis kertas (Paper Based Test) dan ujian berbasis sistem elektronik (Sistem Seleksi Elektronik).

“Lokasi ujian juga terbagi dua, untuk SSE STAIN bekerja sama dengan UPT TIK Universitas Teuku Umar(UTU) dan dilaksanakan di UTU, sedangkan Ujian PBT dilaksanakan di kampus A STAIN seperti kebiasaan tiap tahunnya” Jelas Miska.

Selanjutnya Miska menjelaskan jumlah peserta yang mengikuti PBT sebanyak 188 calon mahasiswa, yang terdiri dari kelompok IPA, IPS dan IPC. Sedangkan yang memngikuti ujian dengan menggunakan SSE sebanyak 120 Orang.

“Pelaksanaan di adakan Satu hari, Ada beberapa kendala teknis pelaksanaan SSE namun tidak mengganggu ujian secara keseluruhan” Tambahnya.

Miska berharap peserta yang mengikuti bisa lulus sesuai dengan pilihan prodi masing-masing, dan dapat mengikuti proses keseluruhan hingga daftar ulang UM PTKIN dikampus masing-masing dilaksanakan.[]

 

Tagged: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001