Social Network

Buka Raker STAIN, Walikota Banda Aceh Sampaikan 4 Hal Penting

Buka Raker STAIN, Walikota Banda Aceh Sampaikan 4 Hal Penting

TIPD STAIN, Meulaboh – Walikota Banda Aceh Aminullah Usman menyampaikan setidaknya ada Tiga hal yang harus dilakukan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh dalam mencetak lulusan agar mampu bersaing di Era 4,0, Ketiga hal tersebut yakni memiliki ciri khas ilmu agama, mampu berbahasa asing dan menguasai teknologi.

Hal tersebut disampaikan Aminullah Usman saat membuka Rapat Kerja STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dalam rangka menyusun program kerja tahun 2020 di Hotel Grand Naggroe Kamis 18 April 2019, Kegiatan tersebut direncanakan dilaksanakan hingga 20 April 2019.

Aminullah mengatakan dengan menguasai tiga hal tersebut mahasiswa diharapkan siap untuk bersaing dengan lulusan dari alumni-alumni kampus lain.

“Tiga hal ini menjadikan lulusan akan lebih mudah bersain di dunia kerja,” ungkapnya.

Selanjutnya Aminullah menjelaskan lulusan yang memiliki ciri khas ilmu keagamaan itu dimaksudkan agar kampus STAIN mampu mencetak mahasiswa yang mampu tampil dalam masyarakat jika ada hal yang berkaitan dengan keagamaan Islam.

“Setidaknya bisa menjadi penasehat keagamaan dilingkungannya,” tambahnya.

Aminullah juga menjelaskan pentingnya Bahasa Asing bagi para lulusan STAIN, Ia berharap para lulusan dapat mempromosikan Aceh dan potensi daerah-daerah di Aceh ke dunia internasional. Aminullah menambahkan dengan dikuasainya Bahasa maka para lulusan perguruan tinggi juga nantinya dapat berpeluang lebih besar dalam memiliki pekerjaan.

Adapula yang tak kalah penting, Kata Aminullah, yakni penguasaan teknologi. Ia menjelaskan satiap lulusan perguruan tinggi harus dibekali dengan kemapanan teknologi, tak harus lulusan informatika akan tetapi semua lulusan termasuk lulusan STAIN yang berbasis keagamaan.

“Di Era 4,0 ini Teknologi bukanlah kebutuhan, akan tetapi kewajiban,” jelasnya.

Aminullah berharap Raker yang diaksanakan dengan tema Mewujudkan PTKIN Good Governance tersebut dapat melahirkan program-program baru yang inovatif dan dapat mendorong kemajuan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Sementara Itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. Inayatillah, M.Ag dalam sambutannya menjelaskan dalam raker tersebut akan dilaksanakan evaluasi program kerja yang telah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya. Inayatillah menjelaskan hal tersebut perlu dilakukan untuk mengoptimalkan program-program yang masih belum maksimal.

“Raker ini harus menghasilkan rencana pembangunan STAIN jangka panjang hingga 2023,” jelasnya.

Inayatillah berharap para peserta raker dapat menyatukan visi dan misi untuk memetakan arah pembangunan kampus, dan menjadi acuan jangka panjang.

Acara tersebut dihadiri Kakanwil Aceh Drs HM Daud Pakeh, Hadir sebagai pemateri Sekretaris Ditjen Pendis Kemenag RI, Dr. Imam Syafi'e  dan Kepala Satuan Pengawai Internal (SPI) UIN Ar Raniry Dr. A Jalil Salim, MA , []

Dipublis TIM TIPD

Tagged:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001