Social Network

Mahasiswa Syariah dan Dakwah STAIN Dikenalkan Dunia Kerja

Mahasiswa Syariah dan Dakwah STAIN Dikenalkan Dunia Kerja

TIPD STAIN, Meulaboh- Guna membekali mahasiswa terkait penguatan kompetensi legal mahasiswa, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dan Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh mengadakan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Rabu, 30 Januari 2019.

Bertempat di aula kampus setempat kegiatan yang diikuti pembekalan diikuti 165 mahasiswa Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dan 10 Mahasiswa yang berasal dari Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam tersebut diisi dengan materi tentang entrepreneur dan peluang tantangan lulusan Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dalam dunia kerja di era 4,0.

Pada Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam hadir sebagai pemateri Kepala Pengadilan Negeri Meulaboh Zulfadly, MH, Kepala KPP Pratama Meulaboh Budi Setiawan dan pimpinan BRI Cabang Meulaboh Muchlis Ilyas.

Pada jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam hadir sebagai pemateri Pengurus SOS Desa Taruna Lapang Iwan Doa Sampena,M.PSS dan Kabag Humas Sekdakab Aceh Barat Amril Nuthihar, MAP juga Ketua Jurusan Dakwah Komunikasi Islam Syibran Mulasi, MA

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. Inayatillah, M.Ag dalam sambutannya menjelaskan untuk bersaing di era 4,0 ada beberapa hal yang harus disiapkan kampus untuk menciptakan alumni yang dapat bersaing diera ini diantaranya Magang, Bahasa Asing, Kurikulum, Kompetensi dan Kerjasama Industri.

Inayatillah mengingatkan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat. “Menghadapi revolusi industri 4.0 tentu bukan hal mudah” tambahnya.

Ia berharap mahasiswa yang nantinya akan melaksanakan PPL dapat mengasah kemampuan sesuai dengan prodi masing-masing

Ketua Pengadilan Negeri Meulaboh Zulfadly, MH dalam arahannya mengatakan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki oleh para alumni khususnya jurusan Syariah dan Ekonomi Islam yang nantinya bergelut dengan masalah hukum.

Zulfadly juga menyampaikan bahwa dalam penerimaan lapangan pekerjaan alumni Syariah dan Ekonomi Islam memiliki peluang yang sangat besar pada semua instansi. Ia secara berulang menekankan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki menentukan peluang untuk menjadi bekerja.

“Yang penting itu adalah kompetensi” Tandasnya.

Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Amrizal Hamsa, MA menyampaikan, pembekalan penting dilakukan bagi mahasiswa sebelum ditempatkan pada instansi mitra kerja.

“Selain bagian dari mata kuliah wajib, PPL merupakan pintu untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap dunia kerja,” ungkap Amrizal.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001