STAIN Luncurkan Perpustakaan Digital

TIPD STAIN, Meulaboh – Sivitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh kini bisa mengakses bahan bacaan berbasis elektronik secara gratis melalui aplikasi E-Library atau perpustakaan digital. Aplikasi tersebut diluncurkan Jumat, 14 Desember 2018, di aula kampus setempat.

“Kehadiran perpustakaan digital ini, diharapkan mempermudah masyarakat kampus dalam mengakses bahan bacaan, sekaligus untuk meningkatkan minat baca,” ujar Kepala UPT Perpustakaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dian Ayuningtyas, M.Pd.

Dian mengatakan, hadirnya E-Library STAIN TDM merupakan satu inovasi yang dikembangkan perpustakaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, untuk mendongkrak minat baca di kalangan mahasiswa dan dosen.

“Kini membaca bisa semakin menyenangkan. Kapan saja dan di mana saja, referensi-referensi di perpustakaan bisa diakses dengan mudah,” ungkapnya.

E-Library STAIN TDM tersedia dalam dua versi, android dan windows. Untuk versi android, dapat diunduh pada Google Playstore dengan mengetik “E-Library STAIN TDM” pada tombol pencarian. Sedangkan untuk versi windows, yang digunakan pada perangkat laptop atau komputer, dapat diakses pada link http://kubuku.id/download/stain-teungku-dirundeng-meulaboh-aceh-barat/.

“Semua gratis tanpa dipungut biaya,” lanjutnya.

Dian menyampaikan, bahan bacaan yang terdapat di E-Library STAIN TDM juga bisa diakses secara bebas oleh masyarakat umum. “Kami ingin masyarakat kita teredukasi dengan literasi digital ini,” sambungnya.

Peluncuran E-Library STAIN TDM dilakukan langsung oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Syamsuar, M.Ag. Turut hadir dosen dan mahasiswa, perwakilan pengelola perpustakaan daerah, sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Meulaboh.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. Syamsuar, M.Ag menyambut baik hadirnya E-Library STAIN TDM ini. Menurutnya, hadirnya perpustakaan digital merupakan bentuk kemajuan yang dialami kampus.

Perpustakaan digital STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh akan terus dilakukan pengembangan untuk penyempurnaan pada masa mendatang, sehingga diharapkan menjadi contoh bagi perguruan tinggi dan lembaga pendidikan yang ada di Barat Selatan Aceh.

“Lima tahun ke depan, kita berharap STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menjadi kiblat ilmu pengetahuan di Aceh, sekaligus menjadi Perguruan Tinggi Islam berbasis teknologi,” ungkap Syamsuar.

Hadirnya perpustakaan digital STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh membawa dampak positif bagi mahasiswa.

“Kehadiran E-Library STAIN TDM akan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah dan tentunya lebih mudah untuk membaca buku,” ujar Cut Neli Wahyuni, mahasiswi semester akhir yang saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir. []

Dipublis TIM TIPD

Leave a comment