Social Network

Ketua STAIN Meulaboh Menjadi Pemateri di LK-II HmI Nagan Raya

Ketua STAIN Meulaboh Menjadi Pemateri di LK-II HmI Nagan Raya

TIPD STAIN, Meulaboh – Himpunan mahasiswa Islam (HmI) cabang persiapan Nagan Raya melaksanakan kegiatan Intermediate Training atau juga dikenal dengan sebutan LK-II, LK-II merupakan jenjang selanjutnya dari kegiatan Basic Training atau LK-I. HmI itu sendiri merupakan suatu organisasi mahasiswa terbesar di seluruh indonesia, yang mana kader-kadernya merupakan mahasiswa dari Sabang sampai Merauke.

Pada kesempatan kali ini panitia kegiatan mengundang Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Meulaboh Dr. H. Syamsuar, M.Ag yang juga merupakan kader serta senior di HmI untuk memberikan materi yang berkaitan dengan Nilai Dasar Perjuangan (NDP) dengan tema “Esensi ajaran Islam tentang khalifah fil ardh”. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa di indonesia ini sedang berlangsung di Kabupaten Nagan Raya.

Dalam materinya, Syamsuar mengatakan “ mahasiswa merupakan agent of change atau agen perubahan. Untuk menjadi mahasiswa seperti itu mahasiswa haruslah mempunyai 3 hal penting. Yaitu, merubah pola pikir, merubah pola sikap, dan merubah pola tinggal . Jika mahasiswa hanya mengubah pola pikir saja maka mahasiswa itu cenderung hanya akan menjadi statis, ketiga hal ini saling berkaitan tidak bisa di pisahkan agar bisa merubah diri, orang lain bahkan dunia menjadi lebih baik.

Syamsuar mengutip sebuah ayat Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 30 tentang penciptaan umat manusia sebagai pemimpin di dunia, “pada hakikatnya setiap manusia merupakan pemimpin, makna pemimpin bisa dari memimpin diri sendiri hingga menjadi pemimpin sebuah organisasi maupun sebuah negara. Oleh karena itu setiap pemimpin haruslah memiliki 3 sifat diatas sehingga bisa membawa kepada hal yang dipimpinnya kepada hal-hal yang baik”. Ujarnya

Dipublis oleh TIM TIPD.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001