Social Network

Menag Buka Perkemahan Wirakarya PT Keagamaan 2018

Menag Buka Perkemahan Wirakarya PT Keagamaan 2018

TIPD STAIN, MEULABOH- Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, resmi membuka Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) se-Indonesia ke XIV tahun 2018, Kamis 3 Mei 2018. Pembukaan yang digelar di bumi perkemahan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau diwarnai dengan pemukulan kompang, pelepasan 66 ekor burung dan parade (defile) peserta PW PTK.

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan ke XIV se-Indonesia yang di gelar setiap dua tahun sekali, diikuti 1.500 Pramuka Pandega yang berasal dari 66 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Perguruan Tinggi Keagamaan Non Muslim, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dan Pramuka Mahasiswa Luar Negeri.

“Saya berharap even ini dapat menjadi washilah untuk memperteguh semangat persatuan dan kesatuan. Memupuk nasionalisme dan patriotism, serta menebarkan paham dan ajaran agama yang moderat,” ujar Menag.

Kepada para Mahasiswa Peserta PW PTKI, Lukam Hakim bepersan, agar menggunakan kesempatan perkemahan untuk saling berbagi, membangun kesefahaman, mengaji dan mengkaji ilmu pengetahuan. Melakukan riset dan rihlah ilmiyah serta meneguhkan komitmen pengabdian kepada masyarakat.

PW PTK ke XIV tahun ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan Eco Culture Tourism.” Perkemahan Wirakarya akan berlangsung hingga tanggal 10 Mei 2018 mendatang.

Sementara itu, Dirjen Pendis Kamaruddin Amin menyampaikan, selama perkemahan, peserta akan melakukan homestay di sejumlah rumah penduduk sebagai tempat bhakti pramuka.

“Tersebar di Desa Alam Panjang, Tambang, Kampar, Desa Aur Sati Kampar, Desa Okura, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru dan Desa Limau Manis, Kampar,” jelasnya.

Selain itu, peserta juga akan dibekali pengembangan wawasan, di antaranya seminar media sosial oleh CEO Grab dan Bukalapak, workshop teknik fotografi, pengenalan media sosial untuk pendidikan. Wworkshop pembuatan blog dan vlog, serta pelatihan pembuatan makanan khas daerah Riau.

Kegiatan lain yang akan berlangsung  selama PW PTK di antaranya, ethno carnival, giat bina damping, festival kuliner nusantara, pentas seni budaya nusantara, festival budaya, pertemuan Forum Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, serta mendatangi wisata religi, edukasi, industri dan wisata sejarah di daerah Riau.(*)

 

Sumber: basajan.net

Dipublis: TIM TIPD

Tagged: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001