Ratusan Jamaah Larut Dalam Rateb Siribee di STAIN

TIPD STAIN, Meulaboh- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh bekerjasama dengan Komando Resort Militer (Korem) 012/Teuku Umar, mengadakan rateb siribee (zikir seribu) dengan tema Rateb Keu Peugleh Hatee di halaman kampus baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di Alue Peunyareng, Kecamatan Meureubo, Kamis 15 Maret 2018.

Ribuan jamaah yang terdiri dari civitas akademika STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, anggota TNI, Forkopimda, perwakilan perguruan tinggi, masyarakat umum dan anggota Majelis Pengajian Tauhid Tashawuf (MPTT) Aceh Barat dan Nagan Raya, larut dalam lantunan rateb siribee, yang dipimpin langsung Pimpinan MPTT, Abuya Syekh Haji Amran Waly Al-Khalidi.

Ketua pelaksana, Jumiadi mengungkapkan rateb siribee yang dilaksanakan tersebut sebagai bentuk ungkapan syukur atas segala capaian selama ini, terutama terkait perkembangan kampus dari perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri.

“Hal ini sudah selayaknya disyukuri, agar apa yang dicita-citakan bersama dapat terlaksana. Berkat doa Abuya nantinya, kita berharap pembangunan kampus baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang sedang berjalan bisa selesai tepat waktu dan perubahan status menjadi IAIN di tahun 2018 dapat terwujud,” ungkap Jumiadi.

Ia menambahkan, pelaksanaan rateb siribee dapat terlaksana dengan maksimal berkat dukungan penuh anggota TNI dari Korem 012/Teuku Umar yang dengan sigap menyiapkan semua keperluan acara. “Terimakasih kepada bapak Danrem, atas bantuan dan didikannya selama persiapan kegiatan,” ucapnya.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr Syamsuar, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan keharuannya dengan diadakan kegiatan tersebut. Terlebih, area kampus baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di Alue Peunyareng yang baru selesai dibangun satu unit gedung tiga lantai, bisa langsung dipeusijuek (ditepung tawari) oleh ulama besar Aceh, Abuya Syekh Haji Amran Waly Al-Khalidi.

“Hal ini tidak terlepas dari dukungan seluruh unsur yang terlibat, terutama prajurit TNI dan mahasiswa yang turut serta membantu sehingga acara pada hari ini bisa terlaksana dengan sukses,” ungkap Syamsuar.

Sementara itu, Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf. Nefra Firdaus mengatakan, satu kebanggaan bagi institusi TNI bisa menjadi bagian dalam acara keagamaan seperti itu. Pihaknya akan selalu siap membantu segala kegiatan yang dilaksanakan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, jika dibutuhkan.

Nefra berpesan, sebagai calon pemimpin di masa mendatang, mahasiswa harus selalu bersatu dalam membangun kemajuan daerah. Kampus harus menjadi pelopor utama dalam mendidik calon pemimpin berwawasan dan memiliki landasan iman yang kuat.

“Acara ini merupakan bagian dari rasa syukur kita terhadap nikmat Allah yang telah diberikan kemarin, hari ini dan esok,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Forkompimda Aceh Barat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh muda hingga anggota veteran.[]

Dipublis Oleh TIM TIPD

Leave a comment