Social Network

Menwa STAIN Ikut Diksar

Menwa STAIN Ikut Diksar

Meulaboh | Sebagai bagian persiapan pembentukan Resimen Mahasiswa (Menwa), STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh mengutus empat mahasiswa terbaiknya untuk dilatih dan dibina dalam Didikan Dasar (Diksar) di Rindam Iskandar Muda Banda Aceh Besar.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Ikbal, Amar, Raji’in dan Samsul. Pada Diksar yang telah menjadi agenda rutin Menwa Mahadasa ini, mereka akan dibina selama 16 hari bersama anggota Menwa seluruh Aceh.

Dian Ayuningtyas, Pembina Menwa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menyampaikan kegembiraannya terhadap keikutsertaan anak-anak binaannya pada Diksar tersebut.

“Ini gebrakan baru. Menwa UKM baru di STAIN. Mudah-mudahan setelah pelatihan nanti anggota Menwa dapat menjadi role model bagi mahasiswa lainnya dalam hal kedisiplinan, kesigapan, mental dan lainnya,” ungkap Dian.

Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa).

Markas komando satuan Menwa bertempat di perguruan tinggi, di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya. (*)

Dipublis oleh: Tim TIPD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001