Social Network

STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Target 1200 Mahasiswa Baru

STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Target 1200 Mahasiswa Baru

Meulaboh- Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. H. Syamsuar, M.Ag, menargetkan penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN dan UMP TKIN tahun 2018 bisa mencapai 1200 orang. Jumlah tersebut untuk mengisi 11 program studi yang ada.

"Mesti ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya," ungkap Ketua STAIN yang akrab disapa Abi, Senin, 29 Januari 2018, usai mengikuti launching SPAN-UM PTKIN diKementerian Agama, Jakarta.

Abi mengungkapkan,  pihak kampus telah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan SPAN-UM PTKIN 2018, terutama sosialisasi yang akan dilakukan beberapa waktu ke depan.

"Sekolah dan pesantren yang ada di Barat Selatan Aceh menjadi prioritas utama kita," kata Abi.

Hal tersebut sejalan dengan yang diungkapkan oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Lukman Hakim Syaifuddin di dalam sambutannya pada kegiatan yang sama.

lebih lanjut Menag menjelaskan Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk (SPAN-UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun ini mentargetkan 170ribu pendaftar.

Menag mengapresiasi panitia yang bisa lebih awal merilis SPAN UM PTKIN 2018 sehingga diharapkan mampu mendapatkan mahasiswa terbaik. "Apresiasi saya kepada forum rektor, khususnya panitia SPAN UM PTKIN yang telah mampu lebih awal dalam peluncuran ini," Kata Menag Lukman, Senin (29/01).

Kepada para rektor, Menag berpesan untuk menjadikan PTKIN sebagai DNA Islam Wasyatiyah. "Saya ingin tegaskan ini, apapun kita, STAIN, IAIN, ataupun UIN, semua menyandang kata Islam, yang kita rawat, tebarkan, dan bahkan sudah memberi sumbangsih bagi perkembangan peradaban dunia," tegas Menag.

"Ini membawa konskuensi yang tidak sederhana, ciri keberislaman ini tidak boleh tercerabut, dari PTKIN," tambah Menag.

Menag minta semua pimpinan PTKIN mengawal perkembangan semua program studi keislaman. Menurutnya, fenomena minimnya peminat calon mahasiswa terhadap jurusan atau program studi keislaman harus segera direspon. Program studi yang sangat diminati mahasiswa saat ini adalah Ekonomi dan Perbankan Islam.

"Harus ada upaya merspon hal ini," tutur Menag.

Ketua Panitia Musafir Pababbari menyampaikan, SPAN-UM PTKIN 2018 dilaksanakan secara nasional oleh 57 PTKIN. Pada tahun 2018, SPAN-UM PTKIN mengusung tema Gerbang Masa Depan Insan Paripurna.

Pendaftaran SPAN PTKIN dijadwalkan berlangsung dari 1 – 29 Maret 2018. Hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Mei 2018. Untuk pendaftaran UM PTKIN, rencananya akan dibuka mulai 12 April – 8 Mei 2018. Ujian akan digelar pada 22 Mei dan hasilnya diumumkan pada 10 Juli.[]

 

Penulis: Ranto Mulya

Editor:

Tagged:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


1001