Social Network

Ketua STAIN Ikut Seminar Internasional "Masuknya Islam ke Nusantara"

Ketua STAIN Ikut Seminar Internasional

Banda Aceh (Humas) - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan Seminar Internasional tentang masuknya Islam ke Nusantara, yang di ikuti seluruh para Dosen dan mahasiswa dari berbagai daerah, termasuk Ketua STAIN Meulaboh Dr. H. Syamsuar Selasa 5 Desember 2017 di Darussalam Banda Aceh. Sebagai pemateri adalah Rektor UIN Aceh, Kepala Dinas Syariat Islam Propinsi Aceh dan Prof. Dr. Oman Fathurrahman dari UIN Jakarta.

Menurut Dr. Munawar A. Jalil, (Kepala Dinas Syariat Islam) selaku keynote speaker mengatakan bahwa syariat islam di Aceh itu bukan hadiah dari pemerintah Indonesia tapi syariat islam itu adalah kemauan rakyat Aceh dalam pengembangan hukum islam di bumi Aceh ini untuk kemaslahatan umat islam semunya, jelasnya.

Sedangkan Dosen UIN Jakarta Prof. Dr. Oman Fathurrahman, memaparkan barangkali kita kurangnya studi peradaban islam yang berbasis teks sehingga kajian, kajian keislaman di Indonesia dan di Aceh bisa jadi pinggiran sulit ditemukan serta kendala dalam menulis sejarah,.

Ketua STAIN juga menjelaskan bahwa seminar ini penting untuk kajian anak cucu kita ke depan harus bisa mengkaji sejarah dan memahami bahwa sejarah telah mencatat islam di Nusantara ini masuk melalui Aceh, jelas Syamsuar kepada Humas,..

Editor Humas.

Tinggalkan Balasan

1001