Social Network

Danrem Teuku Umar Berikan Materi pada PBAK Mahasiswa STAIN Meulaboh

Danrem Teuku Umar Berikan Materi pada PBAK Mahasiswa STAIN Meulaboh

Meulaboh | Humas . Komandan Korem 012 Teuku Umar Aceh, memberikan materi dan Kuliah Umum wawasan kebangsaan bersama calon mahasiswa STAIN MEULABOH Tahun AKademik 2017/2018 dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan di Kampus setempat, Rabu 9 Agustus 2017 di Meulaboh.

Menurut Ketua STAIN MEULABOH Dr H Syamsuar, M,Ag regulasi  untuk pembinaan mahasiswa baru 2017 kita STAIN sudah melakukan dengan Model baru dengan lebih membentuk karakter dan pembinaan mental spritual mahasiswa tersebut.Orientasi Pengenalan Akademik dan kemahasiswaan akan mengalami perubahan nama. Sebagaimana peraturan yang telah disahkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, bahwa sebutan OPAK akan berubah menjadi PBAK yang memiliki kepanjangan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan.
Lebih lanjut Ketua STAIN menyatakan perubahan itu tidaklah terlalu penting, karena menurutnya yang penting itu adalah isi dari kegiatannya itu sendiri. “kita lihat selama 10 tahun kebelakang, pelaksanaan OPAK atau sebelumnya sering dikenal dengan nama OSPEK itu banyak menggunakan kekerasan. Pada tahun 2014,  kita telah melakukan perubahan besar-besaran terhadap sistem yang ada dalam OSPEK, dan pada tahun itu pula nama OSPEK diganti nama menjadi OPAK dan sekarang yang kita laksanakan dengan model baru yaitu PBAK.  kita  tidak suka dengan cara-cara senioran seperti junior meminta tanda tangan kepada senior. Itu hanyalah ajang mencari kesempatan yang tidak mendidik karakter. Berhubung kampus adalah lembaga pendidikan, maka hendaknya pengenalan kampus kepada mahasiswa baru dilakukan untuk menciptakan orang-orang yang mandiri, jujur, dan santun. Serta berkarakter. Dalam penanganan PBAK yang sekarang ini akan menuju kampus yang intelektual yang Islami, ujarnya.

Dalam paparan Danrem 012 Teuku Umar, KolenelInf . Nefra Firdaus, MM, menyampaikan tentang wawasan nusantara dan kebangsaan,   bagaimana kita memandang suatu bangsa terhadap diri  dan lingkungan yang dilandasi oleh sejarah dan aspirasi nasional dalam mencapai tujuan nasional.Tujuan nya adalah kita harus  wujudkan kesatuan dan persatuan segenap aspek kehidupan , baik alamiah maupun sosial, apalagi bagi generasi anak anak bangsa hari ini, mahasiswa adalah sebagai aset yang sangat penting dalam membangun wawasan kehidupan nusantara ini.

"Kita Bangsa Indonesia wajib mempertahankan wilayah kita dari segenap rongrongan baik dari dalam maupun, luar Negeri. Konsep Geopolitik ini hendaknya kita terus diterapkan dan dikembangkan agar dapat mencapai tujuan yang kita inginkan ,, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan ketentraman , keamanan bagi bangsa Indonesia, dengan ikut  menjaga dan membina kebahagiaan, perdamaian bagi seluruh  umat manusia". Ujar Danrem

Editor Humas STAIN MEULABOH

(Mukhsinuddin, MM)

Tinggalkan Balasan

1001