Social Network

STAIN SOSIALISASI SPAN PTKIN 2017

Panitia Sedang Menjelaskan Pengisian PDSS bagi Operator di Kabupaten Nagan Raya

Meulaboh. Para Akademisi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh melakukan sosialisasi SPAN PTKIN ke sekolah/madrasah Barat Selatan Aceh selama tiga hari, rabu sampai Jumat (22-24/2/2017).

 

Ketua  STAIN TDM Dr. Syamsuar Basyariah, M.Ag,  di Meulaboh, Rabu, mengatakan, upaya tersebut sebagai peran aktif pihak akademisi untuk memperkenalkan produk keilmuan sehingga diketahui siswa, guru dan masyarakat Aceh.

 

"Hari ini kita sudah mulai turun ke sejumlah sekolah-sekolah tingkat SMA dan sederajat untuk semua kabupaten di barat selatan Aceh. Tahun ini kampus STAIN TDM mendapat kuota penerimaan sebanyak 750 orang," sebutnya.

 

Ia menyampaikan, pihaknya turun untuk memperkenalkan ada 11 program studi (prodi) yang terdiri dari tiga jurusan yakni, jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, jurusan Tarbiyah dan Keguruan serta jurusan Syariah dan Ekonomi Islam di kampus itu.

 

Selain itu, STAIN Meulaboh juga memperkenalkan cara masuk lewat tiga jalur, yaitu Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN dan Jalur Mandiri, serta menjelaskan berbagai keunggulan beberapa program studi kampus tersebut menyikapi tantangan dan peluang dunia usaha kepada generasi Aceh ke depan.

 

"Tujuan pelaksanaan untuk melakukan seleksi mahasiswa baru yang berkualitas secara akademik untuk melanjutkan diperguruan tinggi. Kedua memperluas akses tanpa membedakan ras, suku, maupun kaya miskin, siapapun bisa kuliah," katanya.

 

Selain menerima lulusan sekolah umum, perguruan tinggi tersebut juga menerima calon mahasiswa lulusan pasantren yang memiliki ijazah setingkat 'aliah atau setingkat Madrasah 'Aliah (MA), dengan catatan pasantren itu melaksanakan pendidikan terpadu.

 

Sementara itu Kepala Bagian Humas STAIN TDM, Mukhsinuddin, S,Ag., MM menambahkan, hari pertama turun pihaknya mengunjungi beberapa sekolah di Kabupaten Aceh Jaya, ada Kabupaten Nagan Raya Dr. Syamsuar, Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan, semua tim untuk 'menjemput bola' telah dibentuk untuk bekerja sesuai waktu ditentukan.

 

Pada kampus tersebut juga menyediakan beasiswa bidik misi, prestasi, hafidz quran, kurang peminat, kurang mampu dari Pemkab Aceh Barat dan Pemprov Aceh serta dari Kementrian Agama RI dengan nilai pertahun mencapai Rp 350 juta.

 

"Beasiswa diberikan sesuai jumlah kuota yang ditetapkan oleh Kemenag RI dan seleksi oleh pihak kampus. Beasiswa tidak diberikan kepada mahasiswa berkasus narkoba, asusila, sementara untuk beasiswa prestasi dengan batas minimal IP tertentu," .

 

Tahap pertama pendaftaran dimulai 4 Maret-7 April 2017, tahap kedua seleksi dimulai 13-26 April 2017, tahap ketiga pengumuman 1 Mei 2017 dan tahap terakhir adalah pendaftaran ulang pada 23 Mei 2017, tahapan tersebut berlaku secara nasional untuk 56 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

 

Tagged: , ,

Tinggalkan Balasan

1001