Social Network

Dua Wartawan Senior Latih Mahasiswa STAIN

Dua Wartawan Senior Latih Mahasiswa STAIN

STAIN | Dua wartawan senior Aceh, Nashrun Marzuki Direktur Cerana Multimedia dan Mujahid Arraji Pimpinan Redaksi cerana.net memberikan pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, di aula kampus, Selasa 12 April 2016.

Kegiatan yang diadakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Lentera ini bertema “Menulis Itu Gampang”, diikuti 25 peserta dari beberapa program studi yang ada di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Kedua pemateri sacara bergantian membekali para mahasiswa dengan materi-materi tentang jurnalistik. Mulai dari jenis berita, nilai berita, teknik wawancara, teknik menulis berita, bahasa jurnalistik dan praktek penulisan berita. Di sela-sela penyampaian materi, peserta juga diajak untuk menonton film-film tentang jurnalisme.

“Seorang wartawan yang baik, tidak mudah percaya dengan isu yang didengar. Ia akan rajin melakukan verifikasi,” kata Nashrun Marzuki.

Menurutnya, apa yang disebut berita dan nilai kelayakannya tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang. Hanya cara kerja dan bentuk media saja yang mengalami perubahan. “Yang sering terjadi hari ini adalah kebanyakan wartawan malas melakukan observasi dan verifikasi, mereka hanya mengandalkan omongan-omongan narasumber,” ungkapnya.

Selain itu, pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengukuhan pengurus UKM Pers Lentera periode 2016-2017, yang dilakukan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. H. Syamsuar, M.Ag.
“Pihak kampus menyambut baik kegiatan ini, karena sebelumnya kegiatan-kegiatan seperti ini pada tingkat mahasiswa belum pernah dilakukan,” ujar Syamsuar dalam sambutannya.

Ia melanjutkan, keaktifan lembaga kemahasiswaan dengan berbagai kegiatan akan memberikan nilai lebih bagi perkembangan kampus, masyarakat dan mahasiswa ke depan. “Terutama kegiatan-kegiatan yang bersifat pengembangan skill mahasiswa,” katanya.

Pihak kampus berharap, dengan terbentuknya UKM Pers Lentera akan mampu memberikan warna baru terhadap pergerakan mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. “Keberadaan kampus ini harus dikenal luas oleh masyarakat, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan publikasi melalui media,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua III Amrizal Hamsa, MA, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Zulyadi Miska, S.Ag, Kabag Humas Mukhsinuddin, MM, Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam Tutu Hidayati, M.Ed dan Sekretaris Jurusan Mutia Tisa, M.Kom.I.[]

Tagged: , ,

Tinggalkan Balasan

1001