Social Network

252 Calon Mahasiswa STAIN Ikut Seleksi UM-PTKIN

252 Calon Mahasiswa STAIN Ikut Seleksi UM-PTKIN

Meulaboh | Sebanyak 252 calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Meulaboh mengikuti seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di kampus setempat. Seleksi dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai mulai 23-24 Juni 2015.

Ketua Pelaksana UM-PTKIN STAIN Meulaboh, Mukhsinuddin, MM mengatakan, UM-PTKIN ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama, dalam hal ini Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, merupakan salah satu jalur masuk PTKIN yang mencakup Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia.

Materi yang diujikan dalam pelaksanaan UM-PTKIN antara lain Pontensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan, Keislaman, Ilmu Pengetahuan Alam untuk program studi bidang Sains dan Teknologi, Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Program Studi Bidang Sosial, Humaniora dan Keagamaan.

"Hari pertama ujian yaitu Potensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan serta Keislaman yang diikuti oleh seluruh kelompok ujian. Sedangkan, pada hari kedua yaitu materi IPA untuk kelompok ujian IPA, serta materi IPC dan IPS untuk kelompok ujian IPC dan IPS," jelasnya.

Demi kelancaran pelaksanaan ujian, STAIN Meulaboh telah menyiapkan 14 ruangan dengan kapasitas 20 orang per ruang. Tiap ruang akan ditempatkan seorang pengawas didampingi panitia pelaksana.

“Hal ini merupakan mekanisme yang kita terapkan untuk menghindari segala bentuk kecurangan,” ungkapnya.[]

Tagged:

1001